Budaya Perusahaan (MSDM)

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Budaya merupakan cara kita melakukan sesuatu di sekitar kita.

                                        BACA JUGA : HAL-HAL YANG TERKAIT DENGAN UNSUR 
                                                                BUDAYA PERUSAHAAN
kampusbos.com

Budaya perusahaan diartikan sebagai sejumlah asumsi penting yang dipegang oleh anggota-anggota perusahaan, yaitu berupa suatu sistem dari nilai-nilai yang dipegang bersama tentang apa yang penting, serta kayakinan tentang bagaimana dunia itu berjalan (Sathe -Vibizmanagement Culture-, 1982).

Budaya perusahaan juga dapat diartikan sebagai representasi tentang interaksi
dan harapan suatu kelompok.

Budaya perusahaan dapat dikatakan sebagai kombinasi ide, adat istiadat,
praktek tradisional, nilai-nilai perusahaan, yang mendefinisikan perilaku normal bagi setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan.


Budaya perusahaan
mencakup semua kebijakan, prosedur, tujuan, strategi,
dan tindakan manajemen.

Faktor penting budaya perusahaan mencakup norma, keyakinan, nilai-nilai standar, ritual, struktur, penghargaan, iklim, dan jenis interaksi yang dapat
diharapkan dalam sebuah perusahaan.

Budaya perusahaan
dapat mempengaruhi nilai-nilai dan karakter pribadi. Nilai-nilai pribadi dan karakter moral mempunyai peranan yang sangat
penting dalam meningkatkan kinerja etis suatu perusahaan (Frederick, Post,
Davis, 1992).



SEBERAPA PENTING BUDAYA PERUSAHAAN ?


Perusahaan sebagai sebuah organisasi yang terdiri dari bermacam orang dengan latar belakang pendidikan, ekonomi, suku bangsa, maupun budaya perusahaan sebelumnya, membentuk sebuah keluarga besar yang sangat kompleks.

Mengefektifkan orang-orang yang terdapat dalam sebuah organisasi dan perusahaan diperlukan suatu “perekat”, yakni nilai-nilai yang dapat diterima oleh semua orang yang dapat memotivasi mereka untuk bekerja sama dengan efektif.

Budaya organisasi terdiri dari berbagai interaksi dari ciri-ciri kebiasaan yang mempengaruhi sekelompok orang dalam lingkungannya (Geert Hofstede-penulis budaya organisasi dari Belanda-, 1928).

Budaya organisasi secara singkat dapat didefinisikan sebagai serangkaian nilai atau keyakinan yang menghasilkan pola perilaku tertentu secara kolektif dalam korporasi.



Pemahaman Budaya Organisasi

Dalam Implementasi Konsep Budaya



1. Sistem nilai dan keyakinan organisasi yang mewarnai perilaku pegawai dan kegiatan

      organisasi.

2. Metode atau kebiasaan kerja yang telah membudaya (tertanam).

3. Suatu pola terpadu dari tingkah laku pegawai dalam perusahaan antara lain pemikiran, tindakan, pembicaraan, ritual atau upacara dan benda-benda.




PEMAHAMAN BUDAYA ORGANISASI


1. Nilai (value)

Nilai budaya dapat berbentuk disiplin (taat bekerja dengan penuh kesadaran), kreatif dan inovatif, kualitas dan produktivitas, kepuasan bersama, profesional, jiwa pelayanan iklas, ramah, kerja sama, adaptif, menghargai waktu, dsb.


2. Norma


Aturan atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur penilaian, atau aturan yang mengikat (peraturan) sebagai panduan, tatanan, dan kendali tingkah laku individu dalam organisasi.
Seluruh peraturan yang diterbitkan harus dijiwai oleh nilai-nilai budaya perusahaan.

Dilansir dari :stiepena.ac.id
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon