Advertisement
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Urbanisasi kelas 8 Semester 1
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Tunas Bangsa
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / semester : VIII / 1 (satu)
Alokasi waktu : 1 x 30 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
B. Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
C. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengidentifikasi latar belakang terjadinya urbanisasi
2. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan dampak urbanisasi
3. Melalui diskusi siswa dapat menguraikan pemecahan masalah akibat urbanisasi
D. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian urbanisasi
2. Latar belakang terjadinya urbanisasi
3. Dampak urbanisasi
4. Pemecahan masalah akibat urbanisasi
E. Model atau Metode Pembelajaran
· Ceramah bervariasi
· Diskusi
F. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
· Pembukaan
- Apersepsi, mengaitkan siswa tentang suatu hal yang berkaitan dengan materi. Contohnya dengan menampilkan video atau gambar tentang arus mudik lebaran, kemudian berdialog dengan siswa tentang gambar tersebut yang kemudian dihubungkan dengan materi.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi.
· Kegiatan inti
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian urbanisasi.
- Siswa dibagi dalam kelompok 3 kelompok.
- Pembagian materi dalam kelompok:
Kelompok 1 : latar belakang urbanisasi
Kelompok 2 : dampak urbanisasi
Kelompok 3 : solusi permasalahan urbanisasi
- Diskusi berlangsung 10 menit.
- Setelah semua kelompok selesai berdiskusi, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kemudian kelompok lain dapat megajukan pertanyaan atau tanggapan.
· Penutup
- Siswa memperhatikan simpulan materi dari guru
- Siswa diberikan pesan-pesan moral oleh guru yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.
G. Sumber Belajar
· Sudarmi, Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
· Beberapa gambar penunjang
· Artikel
H. Penilaian
Penilaian disksusi
NIS
|
Nama
|
Penilaian
|
Total
| ||
Bertanya
|
Menjawab
|
Menanggapai
| |||
01
|
Agus
| ||||
02
|
Gani
| ||||
03
|
Alin
| ||||
04
|
Novia
| ||||
05
|
Tari
| ||||
06
|
Dwi
| ||||
07
|
Retno
| ||||
08
|
Kikay
| ||||
09
|
Daniar
| ||||
10
|
Disya
| ||||
11
|
Nita
| ||||
12
|
Tiwi
| ||||
13
|
Desi
|
Penilaian harian
NIS
|
Nama
|
Penilaian
|
Total
| |||
Memperhatikan
|
Kerjasama
|
Disiplin
| ||||
01
|
Agus
| |||||
02
|
Gani
| |||||
03
|
Alin
| |||||
04
|
Novia
| |||||
05
|
Tari
| |||||
06
|
Dwi
| |||||
07
|
Retno
| |||||
08
|
Kikay
| |||||
09
|
Daniar
| |||||
10
|
Disya
| |||||
11
|
Nita
| |||||
12
|
Tiwi
| |||||
13
|
Desi
| |||||
Yogyakarta, 27 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala SMP Tunas Bangsa Guru Mata Pelajaran IPS
Tejo Nurseto, M. Pd Arif Gunawan
Dilansir dari : http://pakguruhonorer.blogspot.com/2016/01/contoh-rencana-pelaksanaan-pembelajaran.html
Advertisement
0 Comments
EmoticonEmoticon