Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPS Kelas VIII Semester 1

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPS Kelas VIII Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                      : SMP N 7 Klaten
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester            : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar        : 1.1. Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator                       : 1. Menjelaskan jenis tanah di Indonesia
2. Mendiskripsikan persebaran jenis tahah di Indonesia
3. Menjelaskan pemanfaatan tanah di Indonesia
Alokasi Waktu              : 2 x 30 Menit (1 x pertemuan)
A.      Tujuan pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-         Menunjukkan letak geografis dan astronomis Indonesia.
-         Kaitan letak astronomis dengan iklim dan waktu di Indonesia
-         Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
-         Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

B.       Karakter: Cinta tanah air, Cinta Lingkungan

C.       Materi Pembelajaran
Kondisi fisik wilayah Indonesia
1.      Letak Indonesia
-       Berdasarkan geografis dan astronomis
2.      Iklim di Indonesia
3.      Musim Indonesia



D.      Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Star wars
3.    Diskusi

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan :
-       Memeriksa kahadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
-       Siswa mendapatkan motivasi agas siap mengikuti pelajaran
-       Apersepsi :Letak geografis Indonesia yang sangat strategis
Jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.504 Pulau

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta.
Ø  guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
Ø  Guru menjelaskan kaitan letak astronomis dengan iklim dan waktu
Ø  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar
Ø  membagi 4 kelompok untuk menjalankan stars wars

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Meminta siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomi Indonesia
Ø  Bersama dengan  siswa menunjukan perubahan musim
Ø  Meminta menyimpulkan penjelasan guru

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§ Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;



F.        Sumber belajar
1.      Wardiyatmoko, K. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Erlangga
2.      Peta Indonesia
3.      Peta Dunia
G.         Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ü  Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.

Ü  Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

Ü  Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

Tes lisan




Tes tulis



Penugasan

Daftar pertanyaan



Tes Uraian



Tugas rumah


Ü  Sebutkan letak  astronomis  wilayah Indonesia?


Ü  Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.


Ü  Buatlah peta pola angin muson di Indonesia!


           

1.  Lembar Pengamatan Diskusi  
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai





















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :                    
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
Jawaban
Nilai




































*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal       : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal          : 75
 

                                                Jumlah                                     : 100

Klaten, 25 Juli 2012
Mengetahui,
Guru pembimbing                                                                                                                  Mahasiswa 

 Eka Yuni Wijaynti, M.Pd                                                                                                Arif Gunawan
NIP 19760625 200012 2004                                                                                             09416241023

Dilansir dari: http://pakguruhonorer.blogspot.com/2016/01/contoh-rencana-pelaksanaan-pembelajaran_14.html
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon