PENGERTIAN DAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA Lengkap

Advertisement
       
      
              
    
  
  


Pengertian Manajemen Sumberdaya Manusia


Pemahaman tentang pengertian MSDM didefenisikan berbeda oleh penulis dengan manajemen personalia.


Manajemen sumberdaya manusia merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan2 pengadaan,pengembangan,pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu organisai dan masyarakat“



“Manajemen Personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan2 pengadaan , pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan & pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai tujuan organisasi dan masyarakat”



Peran & Pentingnya Manajemen Sumberdaya Manusia




Sumberdaya manusia
adalah faktor sentral dlm satu organisasi. Apapun bentuk & tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi u/kepentingan manusia & dlm pelaksanaanya misi tersebut dikelola o/manusia. Jadi manusia merupakan faktor strategis dlm semua kegiatan organisasi.


Meningkatnya peran manajemen sumberdaya manusia disebabkan o/ keyakinan organisasi akan perannya yg strategis demi kesuksesan kompetitif organisasi. Keunggulan kompetitif sangat bergantung pada inovasi. Inovasi sendiri dipengaruhi o/ faktor motovasi & moral kerja karyawan.





ADMINISTRASI OPERASI STRATEGI



FOKUS Proses administrasi


Penyimpanan data Pendukung kegiatan Organisasi global
WAKTU Jangka pendek
(< 1 tahun) Jangka menengah
( 1 – 2 tahun ) Jangka panjang
( 2 – 5 tahun )



JENIS KEGIATAN Mengadministrasi


  1. Manfaat tenaga Kerja

  2. menjalankan Orientasi tenaga Kerja baru,

  3. memBuat kebijakan & Prosedur SDM.

  4. Menyiapkan laporan pekerjaan.

  5. Mengelola program Kompensasi,merekrut &menyeleksi jabatan Yg kosong.

  6. Menjalankan pelatihan dgn aman.

  7. Mengatasi keluhan tenaga kerja.

  8. Menilai kecendeRungan masalah Tenaga kerja.

  9. Melakukan rencana pengembangan & komunikasi.

  10. Restrukturisasi & perampingan.

  11. Merencanakan Strategi.





Peran administrasi MSDM : fokus pada pemrosesan & penyimpana data,meliputi penyimpanan database & arsip pegawai, proses klaim keuntungan, kebijakan organisasi tentang program pemeliharaan & kesejahteraan pegawai, pengumpulan dokumen dsb.

Peran operasional MSDM : peran ini bersifat taktis, meliputi pemrosesan lamaran pakerjaan, proses seleksi & wawancara, kepatuhan terhadap kebijakan & peraturan, peluang bekerja dgn kondisi baik,pelatihan & pengembangan, program K3, & sistem kompensasi.

Peran strategis MSDM : keunggula kompetitif dari unsur SDM
merupakan kelebihan yg dimiliki o/peran ini. Peran strategis
ini menekankan bahwa orang2 dlm organisasi merupakan sumberdaya yg penting & investasi organisasi yg besar.

agar SDM dpt berperan strategis maka harus fokus pada masalah2 & implikasi SDM jangka panjang. Bagaimana kependududkan tenaga kerja & kekurangan tenaga kerja akan memengaruhi organisasi & cara apa yg digunakan menyiasati masalah kekurangan ini.



Model Manajemen Sumberdaya Manusia



  1. Perencanaan Proses Input Transformasi Proses output
  2. Perencanaan SDM Rekrutmen Transfer promosi Penilai kinerja dan demosi
  3. Desain & analisis Seleksi Pelatihan Produktivitas Pekerjaan
  4. Struktur organisasi
  5. Penempatan Pengembangan org Evaluasi dari manajemen konsekuensi
  6. pengembangan dan strategi  Manajemen kompensasi
  7. Pelayanan dan keuangan
  8. Program kesehatan dan keamanan
  9. Kegiatan hubungan pekerja

    Penjelasan :
    • Perencanaan meliputi :

1. Perencanaan SDM, merupakan salah satu tipe strategis sama halnya dgn perencanaan keuangan, pemasaran, dan produksi. Melibatkan analisis supply n demand, termasuk teknik peramalan.

2. Desain dan Analisis jabatan, kebutuhan organisasi harus diorganisasikan melalui sistem job support the companies strategies. Untuk itu harus dilakukan analisis jabatan, uraian jabatan, penugasan & membangun tanggung jawab, serta spesifikasi jabatan. Hal tersebut merupakan persyaratan untuk kesuksesan & kemapanan kinerja.

Tujuan analisa jabatan
: mengindikasikan bagaimana pekerjaan itu akan diselesaikan.
Analisa jabatan : kunci dari fungsi kinerja. Evaluasi pekerjaan berguna u/pemberian kompensasi,seleksi,pelatihan,keamanan manajemen dan penataan karier.

3. Struktur organisasional,sangat dibutuhkan & sangat terkait dgn perencanaan strategi. Perencanaan organisasi struktur secara khusus dibuat o/manajemen puncak unit2 yg sdh mapan dari departemen SDM.

Input proses, meliputi :

1. Rekrutmen,pendekatan yg digunakan adalah ketentuan dari perencanaan sumberdaya manusia & melalui persyaratan tindakan yg disepakati.

2. Seleksi, u/melakukan seleksi pekerjaan harus dilakukan rekrutmen yg efektif . Seleksi n penempatan dimasukkan dlm proses strategi melalui sususnan kepegawaian u/formulasi strategi & disajikan kepada karyawan u/diimplementasikan. Menggunakan seleksi secara efektif dapat dijadikan kriteria u/sukses.

3. Penempatan, keputusan penempatan melibatkan transfer internal, promosi, & demosi yg selalu diinformasikan melalui berbagai macam pendekatan seleksi dan melalui penilian kinerja. Pada tahun sekarang downsizing telah menjadi alasan u/ beberapa promosi & demosi. Persoalan utama yg berhubungan dengan promosi telah menjadi dasar alasan munculnya suatu kendala2 ke arah mobilitas dari kaum wanita & minoritas.

Transformasi/proses mediasi


1. Transfer,terjadi pada saat seseorang dipindahkan ke posisi baru yg secara esensial memiliki kelas & tingkat kompensasi yg sama. Sering kali tersebut sama, tetapi dibutuhkan pada kasus yg berbeda.

2. Promosi, pemindahan seseorang ke tingkat pekerjaan & kompensasi yg lebih tinggi, termasuk dlm proses seleksi. Dengan demikian, jika strategi lebih diimplimintasikan secara efektif maka memungkinkan seseorang untuk dipromosikan.

3. Demosi, kasus penempatan terbaik seringkali dibuat u/seseorang melalui demosi, yaitu penurunan ke posisi tingkat yg lebih rendah. Sering kali, seseorang dipindahkan dengan berbagai macam alasan. Dlm bekerja, seseorang diharuskan u/memiliki suatu kemampuan a/ keterampilan.

4. Pelatihan, dimaksudkan u/memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan & teknik pelaksanaan kerja tertentu, terinci, & rutin.

5. Pengembangan organisasi, latihan ini dilakukan apabila manajemen ingin menyiapkan karyawan u/memegang tanggung jawab pekerjaan diwaktu mendatang. Kegiatan ini disebut dgn pengembangan SDM,yg meliputi memperbaiki & meningkatkan pengetahuan kemampuan, sikap & kepribadian.

6. Kompensasi, salah satu cara manajemen u/meningkatkan prestasi kerja adlh dgn stimulasi melalui kompensasi. Kompensasi adlh segala sesuatu yg diterima karyawan sebagai balas jasa u/kerja mereka.

7. Tunjangan & pemberian fasilitas, merupakan salah satu program dlm organisasi yg ditujukan pada kesejahteraan karyawan . Para karyawan menyadari keuntungan2 program tersebut dpt memberikan motivasi & nilai tambah pada kinerja mereka.

8. program keselamatan & kesehatan,tujuanx adl u/membantu, melindungi, & menjaga karyawan agar senantiasa bekerja dgn aman & nyaman.

9. Hubungan serikat pekerja, keberadaan serikat pekerja mengubah lingkungan kerja & hubungan antara para karyawan & organisasi.

• Output Proses,meliputi :

1. Penilaian kinerja, bertujuan mengevaluasi a/ menilai prestasi kerja karyawan. Kegiatan ini dpt memperbaiki keputusan personalia & memberikan umpan balik kpd para karyawan tentang pelaksanaan kerja mereka.

2. Produktivitas, peningkatan produktivitas dpt dilakukan dgn cara melihat aspek kepuasan kerja & motivasi pegawai dlm mengapresiasi pekerjaan mereka.

3. Evaluasi program & strategi, yg diperlukan adl kreativitas yg tinggi & berorientasi jangka panjang, mempunyai kerja sama yg tinggi & perilaku saling ketergantungan, mempunyai perhatian yg berkuantitas & berkualitas, penrimaan risiko serta toleransi pada ketidakpastian.



1.4 Tujuan dan Aktivitas Manajemen Sumberdaya Manusia




Tujuan MSDM adalah u/meningkatkan dukungan sumberdaya manusia guna meningkatkan efektivitas organisasi dlm rangka mencapai tujuan.

Kegiatan /aktivitas MSDM secara umum adl tindakan2 yg diambil u/membentuk stuan kerja yg efektif dlm suatu organisas.meliputi :

1. Persiapan dan Penarikan
 

kegiatan persiapan & penarikan menyangkut beberapa hal,diantaranya analisis pekerjaan & jabatan. Analisis pekerjaan & jabatan berfungsi u/mengetahui tugas pekerjaan & jabatan yg ada dlm organisasi serta persyaratanyg harus dimiliki o/pegawai. Persyaratan yg harus dimiliki adalah tentang kualifikasi pegawai yg meliputi pekerjaan & spesifikasi pekerjaan. Selanjutnya adl menentukan perencanaan SDM yg bertujuan memprediksi & menentukan jumlah kebutuhan tenaga kerja pada saat ini & masa datang.

2. Seleksi
 

setelah proses kegiatan penarikan u memperoleh para pelamar pekrjaan yg berkualitas selesai maka akan dihasilkan sejumlah pelamar yg disaring melalui proses seleksi. Proses ini memilih orang2 yg memenuhi spesifikasi kebutuhan organisasi. Biasanya proses standar meliputi tes seleksi,wawancara,referensi, & evaluasi kesehatan.

3. Pengembangan
 

program pengembangan mengajarkan berbagai keterampilan baru kepada para karyawan agar mereka tidak menjadi usang & u/memenuhi keinginan karier mereka akibat perubahan lingkungan kerja. Kemudian dilakukan penilaian prestasi kerja yg bertujuan u/melihat kinerja pegawai apakah sdh sesuai dgn apa yg diharapkan. Selanjutnya pengembangan dilakukan dgn bimbingan konseling,disiplin,serta berlanjut pada pengembangan oerganisasi.

4. Pemeliharaan
 

Kegiatan pemeliharaan dilakukan dgn melihat prestasi kerja pegawai. Tidak hanya sekedar dievaluasi, tetapi juga menunjukkan seberapa baik berbagai kegiatan personalia telah dilakukan. Bila karyawan melaksanakan pekerjaan dgn baik maka mereka akan memperoleh kompensasi yg layak & adil,bila sebaliknya para karyawan mungkin akan berkumpul & melakukan kegiatan kolektif.


1.5 Tantangan-tantangan MSDM




Faktor Eksternal Organisasi  

1. Angkatan kerja
2. Legal consideration
3. Persaingan
4. Konsumen
5. Teknologi
6. Politik
7. Ekonomi
8. Demografi

Faktor Internal Organisasi :

1. Misi
2. Kebijakan
3. Budaya perusahaan
4. Pemegang saham & dewan direksi
5. Serikat Pekerja
6. Sistem informasi
7. Perbedaan individu karyawan
8. Sistem nilai manajer dan karyawan.






       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon