Arti penting Prinsip Akuntansi

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Arti penting Prinsip Akuntansi :

1. Dasar untuk pedoman penentuan perlakuan akuntansi dalam menyusun maupun menginterpretasikan laporan
keuangan.

2. Pedoman peringkasan dan pengungkapan informasi keuangan.

3. Suatu kesepakatan / aturan main tentang bagaimana laporan keangan disusun agar terjadi komunikasi yang efekttif antarra pihak-pihak yang terpisah secarra fisik dan fungsional



Paton & Littleton (P&L)  menekankan bahwa informasi tentang kemampuan menghasilkan laba perusahaan (earning power) merupakan hal yang sangat penting dalam pengambilan keputtusan ekonomik, karena earning power menjadi ukuran/kriteria investasi. Hal ini akan efektif jika perekonomian suatu negara didasarkan pada mekanisme pasar.

Akuntan Publik : pihak ketiga yang bebas (independen) yang harus menentukan bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Suatu laporan keuangan dapat dikatakan wajar oleh akuntan publik jika memenuhi 2 sasaran pemeriksaan:

1. Kesesuaian laporan dengan rinsip akunasi berterima umum, sasarannya : pengukuran (measurement), penilaian (valuation), klasifikasi/pendefinisian (classification), saat pengakuan yang tepat (cutoff), dan penyajian ( presentation).

2. Bebasnya laporan keuangan dari unsur kesalahan, ketidakjujuran dan ketidakpastian yang material, sasarannya:
Validitas pos (validity), eksistensi fisik (physical existence), kebenaran kejadiannya (occurrence), Ketelitian perhitungannya (mechanical accuracy), penguasaan dan pemilikan (control & ownership), kelengkapan (completeness), dan pengungkapan informasi penting dan ketidakpastian (disclosure).

       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon