Karakteristik Prinsip Akuntansi

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Karakteristik Prinsip Akuntansi, menurut P&L menyarankan agar karakteristik berikut melekat pada seperangkat prinsip akuntansi:

1. Prinsip akuntansi menunjukkan pedoman umum yang lengkap tentang fungsi akuntasi sebagai alat untuk mengungkapkan informasi keuangan suatu perusahaan.

2. Prinsip akuntansi tidak harus dikembangkan mengikuti praktik akuntansi yang sedang berjalan karena praktek akuntansi yang sedang berjalan itu sering dilandasi oleh prinsip dan konsep yang dalam beberapa hal saling bertentangan dan secara teoritis tidak konsisten.

3. Prinsip akuntansi hendakna tidak bertentangan atau mendorong pelangggaran terhadap ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku tetapi penyusunan prinsip akuntansi tidak harus menganut konsep, pengertian, pendekatan, kebijaksanaan dan praktik hukum/yuridis tersebut

4. Prinsip akuntansi harus merupakan alat yang praktis di bidang usaha dan keuangan, dapat diandalkan dn relevan untuk memenuhi kebutuhan manajemen, investor, pemerintah dan masyarakat umum.

5. Prinsip akuntansi harus juga logis dan dikembangkan atas dasar penalaran yang jelas sehingga dapat diterima oleh mereka yang berkepentingan dengan akuntansi.

Prinsip Akuntansi Berterima Umum (Generally Accepted Accounting Principles):
Seperangkat pedoman resmi dan kebiasaan dunia usaha yyang dianggap berlaku dalam lingkungan (negara)  dan waktu tertentu.

       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon