(7) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Induktif, Deduktif  Induktif merupakan, sebuah logika berpikir yang dimulai dari pengamatan fenomena atau hal tertentu (khusus) untuk kemudian melakukan generalisasi empiris berdasarkan pengamatan pada level khusus tersebut. dalam hal ini, kesimpulan bersifat lebih umum.

Deduktif merupakan logika berpikir yang dimulai dari kebenaran yang bersifat umum. kemudian kebenaran tersebut digunakan untuk melihat fenomena atau hal yang sifatnya khusus.


Informasi Kunci merupakan informan yang menjadi sumber informasi utama dalam proses penelitian.

Informan merupakan orang memberikan penjelasan atau informasi secara rinci dalam proses penelitian, sedangkan responden dimaknai sebagai orang yang memberikan respons atas rangsanga atau stimulus yang diberikan peneliti.

Intrumen penelitian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang bermanfaat untuk menjawab masalah penelitian.

Interpretasi data merujuk pada pemberian makna dan pengembangan ide-ide berdasarkan hasil penelitian.

J

Jajak pendapat atau polling merupakan proses mengumpulkan pendapat umum atau opini masyarakatmengenai suatu hal yang menjadi perhatian masyarakat melalui cara yang sederhana : menggunakan angket.

Jurnal ilmiah  merupakan majalah ilmiah yang diterbitkan secara berkala, berisi beberapa artikel ilmiah. artikel ilmiah ditulis berdasarkan hasil penelitian atau hasil pemikiran seseorang yang mengkritisi suatu fenomena, kebijakan, atau mengkritisi sebuah teori.

K

Kerangka sampel  yaitu daftar seluruh populasi yang akan menjadi sampel.

Kesalahan Baku (Standard Error)—SE adalah istilah statistik yang mengukur tingkat akurasi sampel yang mewakili populasi.

Kesalahan pengambilan sampel ( Sampling error) adalah kesalahan yang terjadi ketika melakukan pengambilan sampel.

Kesalahan Tipe I dan Tipe II adalah suatu kesalahan ketika menolak H0 yang benar  ( seharusnya diterima ). Kesalahan tipe I dinyatakan dengan simbol (alpha). Kesalahan tipe II adalah kesalahan bila menerima H0 yang salah ( Seharusnya ditolak). Tingkat kesalahan ini dinyatakan dengan simbol (beta).

Kesimpulan ( Conclusion) adalah bagian artikel ilmiah atau laporan penelitian yang menggambarkan poin-poin kunci mengenai hasil penelitian atau intisari sebuah  artikel ilmiah.

Kolmogorov-Smirnov atau uji KS merupakan uji statistik  yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel tidak berhubungan bila datanya berskala ordinal.

Konsep merujuk pada istilah dan definisi yang digunakan untuk menggambarkan secara abstrak : kejadian, keadaan, kelompok atau individu yang menjadi pusat perhatian ilmu sosial.’

Korelasi parsial merupakan salah satu alat uji analisis multivariat. korelasi parsial digunakan untuk menganalisis bila peneliti bermaksud mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terikat, ketika salah satu variabel bebasnya dibuat tetap.

Korelasi pearson atau sering disebut korelasi Product moment (KPM) merupakan alat uji statisktik yang digunakan untuk menguji  hipotesis asosiatif dua variabel bila datanya berskala interval atau rasio.

Korelasi spearman merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji  hipotesis asosiatif dua variabel bila datanya berskala ordinal (ranking).

Korelasi Tau Kendall merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji  hipotesis asosiatif dua variabel bila datanya berskala ordinal (ranking).

Kruskal Wallis One Way Anova merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji  hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal (ranking) pada lebih dari dua sampel independen.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon