(6) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Galat dan residu merupakan kesalahan yang dilakukan pada saat penelitian yang disebbkan ketidaktepatan proses pengambiln data ditingkat populasi; ini merupakan selisih antara nilai pendugaan (pediksi) dengan nilai nyata hasil pengamatan ditingkat populasi. residu merupakan kesalahan pengambilan data ditingkat sampel; ini merupakan selisih antara nilai pendugaan dengan nilai nyata hasil pengamatan di tingkat sampel.

Generalisasi adalah pengambilan satu atau beberapa informasi atau data untuk  digunakan sebagai dasar membuat kesimpulan yang lebih luas, menjadi pernyataan dalam konteks lebih universal. artinya , kesimpulan yang diambil  dari satu tempat, dapat diberlakukan pula ditempat lain.


H

Hermeneumatika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. nama tersebut diambil dari kata kerja dalm bahasa  yunani . ini merupakan teknik filosifis yang memberi perhatian pada interpretasi dan pemahaman teks.

Hipotesis adlah jawaban sementara yang kebenarannya masih harus diuji; rangkuman simpulan teoretis yang diperoleh dari tinjauan pustaka.

Hipotesis: H1, H0  , H1 atau disebut Hipotesis Kerja (Hk) dan hipotesis alternatif (Ha), yaitu hipotesis yang menyatakan keberadaan hubungn diantara variable yang dioperasionalkan. H0 yaitu hipotesis yang menyatakan ketiadaan hubungan diantara dua variabel  yang sedang dioperasionalkan, atau ketiadaan perbedaan antarkelompk.

Histogram merupakan suatu diagram yang menggambarkan suatu distribusi frekuensi dengan bebrapa segiempat. panjang segiempat menunjukkan frekuensi setiap kategori.

I

Indeks merupakan daftar kata atau isitilah penting yang ada di dalam buku, ensiklopedi, maupun jurnal ilmiah yang disusun secara alfabetis.

Indeks (Skala) suatu tipe pengukuran yang merangkum dan merangking beberapa hasil observasi yang spesifik dan kemudian menampilkannya  kembali dalam suatu bentuk dimensi yang lebih umum.

Skala merupakan suatu tipe pengukuran yang terdiri atas beberapa hal yang memiliki struktur yang logis di antaranya.

Indikator merupakan unsur penjelas konsep atau variabel dalam penelitian. melalui indikator ini, peneliti dapat membedakan kondisi, fenomena, atau gejala sosial yang sedang diteliti.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon