(5) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Etik, emik, etik sebuah pendekatan yang berorientasi pada perspektif eksternal dalam mengungkap fenomena sosial , yaitu perspektif peneliti sebagai “orang luar” yang tidak menjadi bagian studi. konsep ini berkebalikan dnegn emik, emik adalah pendekatran yang berorientasi pada perspektif internal, yaitu perspektif partisipan yang terlibat dan mnjadi bagian studi.


Etika penelitian merupakan standar tata perilaku peneliti selama melakukan penelitian.

Etnografi merupakn kajian mengenai kehidupan  dan kebudayaan suatu masysrakat etnnis tertentu secra holistik, misalnya : mengenai adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. metode pnelitian ini berasumsi bahwa keterlibatan peneliti dengan masyarakat adlah kunci memahami budaya atau kondisi sosial tertentu.

Etnometodologi meurpakan ragam penelitian kualitatf yang berusaha memahami bagaimana orang belajar dan mengetahui ritual sosial, tingkh laku, dan simbol diambil untuk diberikan dalam kehidupan sehari-hari.

Etnosemantik menunjuk pada peoduksi informasi secara rinci mengenai brbagai konsep yang digunakan oleh sekelompok orang tertentu untuk memahami lingkuangan mereeka.

Etnostatistik merupakan sebuah studi yang mempelajari mengenai bagaimana data (statistik) dikumpulkan dn dianalisis.

Fisher exact digunaskan ebagai uji altrnatif chi kuadrat untuk tabel silang (kontingensi) 2 x 2. alat uji digunakan dengan ketentuan : jumlah sampelyang digunakan adalah kurang atau sama dengan 40 dan terdapat sel yang memiliki nilai harpan kurang dari 5.

Friedman Two way Anova (uji friedman) merupakan alat uj statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis kmparatif (uji beda) bila data berskala ordinal (ranking) pada lebih dua sampel berhubungan (related).
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon