(3) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  

B



Bias dimaknai sebagai penyimpangan dari kebenaran; kesalahan sistematis dalam pengumpulan atau analisis data yang disebabkan prosedur teknis yagn tidak memmadai ( misalnya dalam pengambilan sample, wawancara, atau pengodingan.)

Biografi, otobigrafi merupakan sebuah narasi mengenai pengalaman hidup seseorang ssecara berurutan sessuai urutan waktu. biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan otobiografi, seseorang menulis cerita hidupnya sendiri.

Buku merupakan hasil tulisan seseorang atau beberpa orang yang dipublikasikan kepada khalayak umum. buku memiliki adlah media publikasi pemikiran atau karya seseorang (fiksi maupun nonfiksi) yang diterbitkan lembaga penerbitan dan memiliki ISBN ( International Standart Book Number).



Buku Kode merupakan buku yang berisi pedoman pengodingan variabel atau konsep tertentu dalam proses penelitian.

C

Catatan lapangan merupakan catatan yang berisi hal-hal atau peristiwa dijumpai dan dialami peneliti selasma berada di lokasi penelitian. ini trmasuk catatan hasil pengamatan, wawancara, serta peristiwa penting lain yang dijumpai peneliti.

Chi Kuadrat ( disimbolkan X2 ) Merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila dalam popolasi terdiri atas dua atau lebih kelas bila data berbentuk nominal dan sampelnyabesar.

Computer assisted Telephone Interviewing (CATI) merupakan teeknik survei atau wawancara melalui telepon ketika pewawancara dapat merekam dan menyusun transkrip hasil wawancara secara otomatis menggunakan aplikasi perangkat lunak di komputer.

D

Daftar pustaka adalah daftar refrensi ( buku, artikel, surat kabar, dan sebagainya) yang digunakan penulis dlam menyusun suatu karya tulis atau karya ilmiah. daftar pustaka kadang-kadang disebut juga refrensi, senarai pustaka, daftar literatur, atau bibliografi.

Data merupakan sekumpulan informasi atau angka hasil pencatatan atas suatu kejadian atau sekumpulan informasi yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian.

Definisi Operasional dimaknai sebgai sebuah petunjuk yang menjelaskn kepada peneliti mengenai bagaimana mengukur sebuah variabel  secara konkret.

Derajat kebebasan jumlah skor yang perlu diketahui sebelum menghitung sisanya. jika total dari dua angka adalah 37 dan kita tahu bahwa satu nomoe adalah 20 makakita dapat menghitung bahwa yang lain harus 17.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon