(10) Tugas Mengetik

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Penelitian sosial dimaknai sebagai tipe penelitian yang berfokus pada sosial, yaitu setiap fenomena atau gejala yang berhubungan dengan manusia sebagai individu yang hidup bersama-sama dalam suatu kelompok dan melakukan interaksi.

Penelitian survei merupakan tipe penelitian yang menggunakan angket sebagai sumber data utama.


Penelitian tindakan (Action Research) merupakan penelitian yang mengidentifikasi masalah sosial.

Penelitian tindakan kelas, sekolah (PTK) merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi guru ketika mengajar di kelas.

Penelitian tindakan partisipatif (PAR)—sebuah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat, atau yang mewakili, untuk memanipulasi struktur kekuasaan yang lebih tinggi.

Penelitian dasar, terapan , penelitian dasar atau fundamental merupakan penelitian yang menguraikan pengetahuan yang mendasar mengenai dunia sosial. penelitian terapan adalah tipe penelitian yang mencoba memberikan solusi yang lebih spesifik pada masalah masalah kebijakan dan membantu para praktisi dalam menjalankan tugasnya.

penelitian satu waktu (Cross Sectional ) merupakan tipe penelitian yang dilakukan dalam satu waktu tertentu dengan satu fokus. Waktu dlam hal ini dapat diartikan dalam satuan hari, minggu , bulan atau tahun.

penelitian antarwaktu (logintudinal) merupakan tipe penelitian yang dilakukan antarwaktu atau penelitian satu masalah namun dilakukan dalam dua waktu yang berbeda.

Pengamatan (observation) merupakan sebuah proses mendapatkan informasi atau data menggunakan pancaindra.

pengode (Coder) adalah orang yang melakukan pengodingan dalam penelitian, terutama penelitian analisis isi.

pengukuran ( Measurement) Pengukuran melibatkan proses operasionalisasi yang merupakan sebuah langkah untuk menghubungkan konsep teoritis dengan konsep empiris (Babbie, 1994)

presentase adalah proporsi dikalikan 100%.

Perubahan persentase merupakan angka yang menunjukkan besarnya perubahan kondisi atau jumlah kasus pada waktu tertentu dengan waktu sekarang dikalikan 100%.

Pie Chart merupakan sebuah diagram yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut dibagi dalam beberapa bagian atau daerah yang menunjukkan persentase masing-masing kelas.

plagiasi pada dasrnya merupakan sebuah aktifitas mengakui karya orang lain sebagai karya sendiri.

Poligon (Polygon) merupakan grafik baris yang menghubungkan nilai tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan nilai tengah jarak frekuensi mutlak masing-masing.

Daftar Pustaka :
Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono



       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon