(9) Tugas Mengetik

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Ogive merupakan distribusi ferkuensi kumulatif yang menggambarkan diagramnya dalam sumbu tembak dan mendatar atau eksponensial.

Ontologi merupakan cabang filsafat yang mempelajari hakikat keberadaan dan sifat ilmu pengetahuan.

P

Paradigma adalah cara pandang seseorang mengenai sebuah realitas. cara pandang ini memengaruhi pendapat dan sikapnya mengenai realitas tersebut.


Parameter adalah bilangan nyata yang menyatakan karakteristik sebuah populasi.

Partisipatory Rural Appraisal (PRA) merupakan sebuah pendekatan strategi  pemberdayaan masyarakt dengan menggunakan seperangkat teknik yang melibatkan masyarakat dalam proses identifikasi masalah sosial yang mereka hadapi sekaligus pengambilan keputusan dalam menentukan alternatif solusi yang tepat.

Pemahaman Subjektif atau verstehen merupakan sebuah proses memahami tindakan sosial melalui sudut pandang subjek atau orang yang melakukan tindakan  tersebut.

Pemetaan konsep merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk proses penyajian ide kedalam bagan atau peta.

Pemetaan sosial ( SOcial Mapping)  adalah sebuah metode untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi sosial budaya suatu wilayah tertentu.

pendekatan penelitian atau disebut juga paradigma penelitian merupakan cara pandang terhadap suatu objek atau permasalahan. Pendekatan juga dapat dimaknai sebagai cara untuk mengamati atau memahami dunia sosial.

Penelitian dapat dimaknai sebagai sebuah proses mencari jawaban atas suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Penelitian deskriptif merupakan tipe penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan karakter suatu variabel, kelompok atau gejala sosial yang terjadi di masyarkat.

Penelitian Eksperimen ( Experimental Research) merupakan metode penelitian yang dilakukan dnegan menggunakan proses manipulasi kondisi tertentu yang dikontrol untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel tertentu diharakan akan menjelaskan hubungan sebab dan akibat.

Penelitian Eksplanatif ( Explanatory Research)  , penelitian ini berusaha menjelaskan mengapa sesuatu fenomena atau gejala sosial terjadi dengan menghubungkan satu fenomena dengan fenomena yang lain.



Penelitian Eksploratif ( Exploratory Research) adalah penelitian yang berkaitan dengan penemuan dan pembangunan teori baru.

Penelitian Feminis (Feminist Research) adalah satu pendekatan penelitian yang melibatkan teori dan analisis yang menyoroti masalah pembedaan posisi sosial laki-laki  dan perempuan dalam kehidupan sosial.

Penelitian fenomenologi (fenomenologi) merupakan tipe penelitian yang menggambarkan pemaknaan beberapa individu mengenai pengalaman hidupnya, pemaknaan mereka mengenai konsep atau fenomena tertentu.

Penelitian Grounded Theory ( Grounded Theory) merupakan varian penelitian kualitatif yang menekankan pengumpulan data mengenai kejadian perilaku sosial dalam konteks dunia nyata.

Penelitian Kualitatif merupakan penelitian yang berupaya menganalisis kehidupan sosial dengan cara menggambarkan dunia sosial dari sudut pandang atau interpretasi individu (informan) dalam latar alamiah.

Penelitian Kualitatif adalah merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang bertujuan menggambarkan  fenomena  atau gejala sosial secara kuantitatif atau menjelaskan bagimana fenomena yang terjadi di masyarakat saling berhubungan satu sama lain.

Penelitian lapangan juga dapat dianggap sebagai bentuk pendekatan yang luas untuk penelitian kualitatif.

Penelitian Lintas budaya merupakan penelitian yang menggambarkan kondisi budaya dalam masyarakat tertentu.

Penelitian naratif (Narative Research) merupakan ragam penelitian kualitatif yang menggmabarkan pengalaman hidup seseorang atau kelompok sosial tertentu.

Penelitian Nonreaktif (Nonreactive research) merupakan metode penelitian yang menggunakan objek penelitian tidak bereaksi atau tidak memberikan respon kepada peneliti.
Daftar Pustaka :
Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon