(2) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Analisis data sekunder (secondary data analysis) Analisis data sekunder (ADS)  (disebut juga secondary data analysis atau existing statistic) merupakan salah satu penelitian nonreakktif yang menggunakan data sekunder sebagai data utama. Dalam penelitian ini , peneliti tidak mencari data sendiri, tetapi data yang menjadi  objek penelitian telah tersedia di Lembaga tertentu.


Analisis factor  (Factor Analysis) analisis factor adalah metode penelitian kovariasi diantara seperangkat hubungan antarvariabel yang diamati sebagai fungsidari satu atau lebih konstruksi yang bersifat laten, yaitu sejumlah factor yang relative kecil yang dapat digunakan untuk menjelaskan sejumlah besar variabelyang saling berhubungan.

Analisis isi (content analysis) dapat didefinisikan sebagai sebuah Teknik mengumpulkan dan menganalisis isi suatu teks. “isi” dalam hal ini berupa kata, arti (makna), gambar, symbol, ide, tema, atau beberapa pesan yang dapat dikomunikasikan.



Analisi isi : kualitatif

Secara kualitatif,analisis isi berupaya mengungkap makna dibalik teks, symbol, atau materi tekstual lainnya dengan menganalisis secara kritis berbagai kepentingan atau muatan nilai-nilai tertentu yang mendasari pembentukan teks atau symbol-simbol tersbut.

Analisis jalur (Path Analysis) merupakann  teknik analisis statistic yang digunakan untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi pada regrsi berganda. Hubungan ini dianalisis jika variable bebasnya memengaruhi variable terikat, tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Teknik ini dikembangkan dari regresi linear berganda.

Analisis jaringan sosial (Social network analysis) merupakan sebuah metode pemetaan, analisis sosial, dan atau hubungan dan interaksi sosial yangnterjadi dalam sebuah kelompok sosial atau lembagayang melibatkan orang, kelompok masyarakat.

Analisis kecenderungan (trend analysis) metode analilsis statistic yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akann datang.

Analisis meta (Meta analysis) kombinasi Teknik statistic yang menggabungkan informasi dari studi yang berbeda untuk memprediksi perkiraan ukuran pengaruh (effect size). Analisis meta mencoba menemukan pola dalam temuan berbagai studi untuk memecahkan masalah penelitian.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon