(1) Ringkasan Ketikan Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Admin Menulis kata - kata inti yang dikotakan yang warnanya sedikit gelap


A

Abstrak adalah representasi isi dokumen yang singkat, padat, dan jelas, atau deskripsi Yng memuat informasi  mengenai isi artikel ilmiah secara singkat.



Academia.edu adalah salah satu media sosial yang dapat digunakan oleh akademisi untuk saling berbagi tulisan atua krya ilmiah mereka.


Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Pertanyaan ini menyangkut masalah manfaat sebuah ilmu pengetahuan .


Alpha Cronbach merupakan salah satu alat untuk mengukur reliabilitas instrument penelitian.

Tentang Cronbach Alpha,  dan KR
Cronbach alpha adalah  Koefisien alpha dikembangkan oleh Cronbach (1951) sebagai ukuran umum dari konsistensi internal skala multi-item. Sedangkan formula KR (Kuder-Richardson) digunakan untuk item dikotomi. Suharsimi Arikunto, (2005), menambahkan beberapa formula seperti Formula Rulon, Flanagan, dan Hoyt untuk menguji reliabilitas test pada item dengan skala dikotomi yaitu 1 dan 0).
Angka cronbach alpha pada kisaran 0.70 adalah dapat diterima, di atas 0.80 baik (Sekaran, 2006). Sejalan dengan pendapat beberapa ahli seperti Nunnally (1978, p. 245-246) yaitu : untuk Preliminary research direkomendasikan sebesar 0.70, untuk basic research 0.80 dan applied research sebesar 0.90 -0.95. Kaplan dan Saccuzo, (1982:106) merekomendasikan nilai cronbach alpha sebesar 0.7 – 0.8 untuk basic research, dan 0.95 untuk applied research.



Analisis. Analisis univariat : analisis untuk menggambarkan karakter satu variable (analisis deskriptif). Analisis bivariat : analisis untuk menjelaskan hubungan dua variable ( analisis asosiatif atau komparatif). Analisis multivariat : analisis untuk menjelaskan hubungan diantara lebih dari dua variable ( analisis asosiatif atau komparatif)


Analisis data (data analyst) analisis data merupakan proses pengolahan, penyajian, interpretasi dan analisis data yang diperolehi dari lapangan dengan tujuan agar data yang disajikan, mempunyai makna sehingga pembaca dapat mengetahui hasil dari penelitian kita.


Analisis data kualitatif (qualitative data analysis) penelitian kualitatif menghasilkan data dalam bentuk rekaman hasil wawancara, transkrip wawancara, catatan hasil pengamatan, dokumen- dokumen tertulis, serta catatan lain yang tidak terekam selama pengumpulan data.


Analisis data kuantitatif (quantitative data analysis) Analisis data kuantitatif melibatkan beberapa proses pengolahan instrument penelitian , berupa angket atau instrument lain. Data dari instrument tersebut diolah dengan prosedur tertentu untuk kemudian disajikan secara lebih sederhana agarmudah dipahami peneliti dan pembaca.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon