Pengertian Bisnis , Arti Luas serta Arti Sempit

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Arti Luas Bisnis


Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan suatu aktifitas dan isntitusi yang memproduksi barangbdan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis itu sendiri dapat dipandang sebagai suatu sistem menyeluruh yang menggabungkan subsistem yang lebih kecil disebut industri.

Artinya, setiap setiap industri dibentuk dari banyak perusahaan yanh terdiri dari berbagai  produk yang dihasilkannya, termasuk kegiatan pemasaran, pengembangan sumberdaya manusia, pengaturan keuangan dan sistem manajemen.

Huat, T Chwee (1990) mendefinisikan bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita (business is then simplyba system that produces goods and service to satisfy the need of our society). Dengan mengambil definisi sistem tersebut, kita dapat mengharapkan suatu hubungan yang saling mengisi antara bisnis dan pilihan kebutuhan masyarakat.

Setiap tindakan yang diambil dalam bisnis berakibat pada suatu siatem sosial yang lebih besar. Sistem bisnis berhubungan dengan sistem politik, siatem ekonomi, dan sistem hukum.

Dengan arti lain bahwa bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat (Skinner, 1992). Sedangkan menurut arti dasarnya bisnis memiliki makna sebagai the buyinh and selling of goods and service. Sedangkan perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terkait dalam pertukaran barang, jasa, atau uang untuk menghasilkan keuntungan.


Dahulu bisnis dilakukan dengan barter, yaitu pertukaran barang tanpa menggunakan uang. Jika seseorang membutuhkan sepatu, maka ia dapat menukarnya dengan orang yang membutuhkan jagung. Namun kemudian disadari banyak kendala, seperti peebedaan kebutuhan antar orang yang memiliki kebutuhan, perbedaan nilai barang yang akan dipertukarkan dan sebagainya. Hal ini kemudian menjadi lebih mudah setelah ada alat untuk saling melakukan pertukaran, yaitu uang.


Arti Sempit Bisnis



Menurut J.S Nimpoena (1985) pengertian bisnis dapat dibedakan dalam pengertian yang sempit dan pengertian yang luas. Jika kita berorientasi pada pengertian sempit maka bisnis tidak lain dari fiksi. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, bisnis merupakan usaha yang terkait erat dengan dunia ekonomi dan juga politik.

Hal ini disebabkan karna dunia ekonomi dan dunia politik pada dasarnya merupakan suatu hubungan yang saling tergantung dan yang turut mencerminkam efektivitas suatu masyarakat dalam gerak usahanya.

Membahas masalah bisnis tidak lepas dari memahami ekonomi, dimana ekonomi merupakan dasar untuk memahami bisnis. Ekonomi merupakan studi tentang bagaimana suatu masyarakat memilih untuk menggunakan sumber-sumber daya yang langka untuk menghasilkan/memproduksi barang-barang dan jasa-jasa dan mendistribusikan barang dan jasa kepada masyarakat untuk dikonsumsi.


dilansir dari :http://bloqsqot.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-bisnis-dari-sudut-pandang.html

       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

1 Comments:

wah keren nih thankyou infonya ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah


EmoticonEmoticon