Advertisement
KONSULTAN ??
KENAPA ENGGAK ??
Bisnis jasa konsultan adalah salah satu pilihan usaha yang menggandalkan pada keahlian atau ketrampilan Anda sendiri. Bisnis ini menggunakan keterampilan yang Anda miliki sebagai modal untuk membantu memecahkan masalah orang lain. Saat ini bisnis jasa konsultan di Indonesia mulai bermunculan, mulai dari jasa konsultan keuangan, bisnis, pendidikan, atau bidang teknologi.
Bisnis jasa konsultan ini dapat dikerjakan secara perorangan atau kelompok. Bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan jika dikelola secara profesional. Jika dalam perkembangannya semakin baik, maka tidak menutup kemungkinan bisnis tersebut akan semakin besar dan terkenal dengan kualitas layanan yang memuaskan.
Langkah – Langkah Merintis Usaha Jasa
Langkah apa saja yang harus dilakukan jika Anda ingin merintis usaha jasa konsultan?
1.Mendapatkan reputasi
Layaknya bisnis lainnya, usaha jasa konsultan ini juga membutuhkan batu loncatan atau langkah awal untuk membangun reputasi atas jasa yang ditawarkan pada konsumen. Tidak memilih-milih job yang menghampirinya, yang terpenting adalah niat dan kemauan dalam menjalani proses awal tersebut. Jika modal Anda terbatas, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja sebagai single fighter demi menghemat keuangan Anda.
Tawarkan jasa konsultan Anda pada orang-orang terdekat di lingkungan Anda, seperti teman kuliah, keluarga, atau kolega. Mengerjakan job yang diberikan dengan layanan yang maksimal, tulus, dan profesional, meskipun pada awalnya keuntungan yang didapat tipis, namun langkah tersebut adalah usaha untuk membangun kepercayaan dan reputasi Anda sebagai konsultan terpercaya. Tidak semua usaha dapat berjalan lancar, tetapi hal tersebut yang menempa Anda untuk semakin memahami dan mendapatkan pengetahuan baru sehingga kemampuan Anda dalam mengolah dan menganalisa masalah klien akan terus terasah.
Layaknya bisnis lainnya, usaha jasa konsultan ini juga membutuhkan batu loncatan atau langkah awal untuk membangun reputasi atas jasa yang ditawarkan pada konsumen. Tidak memilih-milih job yang menghampirinya, yang terpenting adalah niat dan kemauan dalam menjalani proses awal tersebut. Jika modal Anda terbatas, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja sebagai single fighter demi menghemat keuangan Anda.
Tawarkan jasa konsultan Anda pada orang-orang terdekat di lingkungan Anda, seperti teman kuliah, keluarga, atau kolega. Mengerjakan job yang diberikan dengan layanan yang maksimal, tulus, dan profesional, meskipun pada awalnya keuntungan yang didapat tipis, namun langkah tersebut adalah usaha untuk membangun kepercayaan dan reputasi Anda sebagai konsultan terpercaya. Tidak semua usaha dapat berjalan lancar, tetapi hal tersebut yang menempa Anda untuk semakin memahami dan mendapatkan pengetahuan baru sehingga kemampuan Anda dalam mengolah dan menganalisa masalah klien akan terus terasah.
2.Mencari partner kerja
Partner kerja diperlukan untuk membangun branding agar jasa Anda dikenal banyak orang. Demikian juga dalam mengelola usaha jasa konsultan yang sangat membutuhkan networking untuk membentuk image usaha Anda bahwa jasa konsultan Anda layak diperhitungkan. Jika pada poin pertama Anda membangun jaringan dari orang -orang terdekat, maka setelah itu Anda perlu ekspansi dengan melebarkan jaringan.
Partner kerja ini tidak selalu secara perorangan, namun juga bisa dengan beberapa perusahaan. Dengan membangun jaringan pemasaran yang terpadu, maka jasa Anda akan dikenal banyak orang. Selain itu dengan menjalin kemitraan maka potensi permasalahan yang harus Anda pecahkan akan semakin beragam. Namun dari sisi waktu dan tenaga dapat memperingan pekerjaan Anda dengan adanya rekan kerja.
Partner kerja diperlukan untuk membangun branding agar jasa Anda dikenal banyak orang. Demikian juga dalam mengelola usaha jasa konsultan yang sangat membutuhkan networking untuk membentuk image usaha Anda bahwa jasa konsultan Anda layak diperhitungkan. Jika pada poin pertama Anda membangun jaringan dari orang -orang terdekat, maka setelah itu Anda perlu ekspansi dengan melebarkan jaringan.
Partner kerja ini tidak selalu secara perorangan, namun juga bisa dengan beberapa perusahaan. Dengan membangun jaringan pemasaran yang terpadu, maka jasa Anda akan dikenal banyak orang. Selain itu dengan menjalin kemitraan maka potensi permasalahan yang harus Anda pecahkan akan semakin beragam. Namun dari sisi waktu dan tenaga dapat memperingan pekerjaan Anda dengan adanya rekan kerja.
3. Jasa konsultan yang spesifik
Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah, namun lebih baik Anda fokus pada satu bidang saja. Dengan menentukan bidang yang spesifik maka akan membuat jasa konsultan Anda nampak profesional. Misalnya; Anda hanya melayani jasa perencanaan keuangan keluarga, tentu saja Anda tidak akan menerima klien yang memiliki masalah rumah tangga, meskipun Anda memiliki kemampuan tersebut.
Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah, namun lebih baik Anda fokus pada satu bidang saja. Dengan menentukan bidang yang spesifik maka akan membuat jasa konsultan Anda nampak profesional. Misalnya; Anda hanya melayani jasa perencanaan keuangan keluarga, tentu saja Anda tidak akan menerima klien yang memiliki masalah rumah tangga, meskipun Anda memiliki kemampuan tersebut.
4. Out of the box marketing
Pemasaran memang tidak bisa dilepaskan dari dunia usaha. Untuk itu Anda perlu meluangkan waktu untuk menentukan strategi pemasaran yang jitu. Memanfaatkan fasilitas internet sebagai sarana promosi awal yang low budget dan efisien karena jasa konsultan Anda dapat dikenal secara luas.
Anda bisa memberikan saran secara gratis pada pengunjung web Anda yang mengajukan pertanyaan yang bersifat umum. Jika pertanyaan yang harus dipecahkan semakin rumit, maka mereka akan menghubungi Anda secara personal. Memberikan saran gratis merupakan sarana promosi untuk menunjukan kualitas Anda dalam memecahkan masalah. Untuk lebih memperluas jaringan, maka Anda harus aktif mengikuti forum atau eksis di medsos.
Pemasaran memang tidak bisa dilepaskan dari dunia usaha. Untuk itu Anda perlu meluangkan waktu untuk menentukan strategi pemasaran yang jitu. Memanfaatkan fasilitas internet sebagai sarana promosi awal yang low budget dan efisien karena jasa konsultan Anda dapat dikenal secara luas.
Anda bisa memberikan saran secara gratis pada pengunjung web Anda yang mengajukan pertanyaan yang bersifat umum. Jika pertanyaan yang harus dipecahkan semakin rumit, maka mereka akan menghubungi Anda secara personal. Memberikan saran gratis merupakan sarana promosi untuk menunjukan kualitas Anda dalam memecahkan masalah. Untuk lebih memperluas jaringan, maka Anda harus aktif mengikuti forum atau eksis di medsos.
Poin-poin diatas dapat Anda gunakan sebagai landasan untuk merintis jasa konsultan. Keberhasilan usaha Anda juga ditentukan seberapa keras upaya Anda untuk mewujudkannya. Selain itu kemampuan Anda dalam mengolah peluang juga turut menentukan keberhasilan bisnis Anda.
Cara Memulai Konsultasi
Sekarang setelah Anda lebih mengenal bagaimana bisnis konsultasi bekerja, inilah langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk memulai begitu Anda memutuskan bahwa konsultasi adalah jalan yang tepat untuk Anda.
Pilih pangsa pasar yang sesuai untuk anda
Ketika Anda pertama kali mempertimbangkan untuk memulai bisnis konsultasi, Anda mungkin sudah memiliki beberapa target posisi dalam benak anda. Pangsa pasar ini akan menjadi industri tempat Anda bekerja, termasuk jenis layanan yang akan Anda tawarkan dan klien yang akan Anda miliki. Biasanya, sebaiknya mulai dengan layanan yang sudah Anda ketahui dan alami, sehingga Anda bisa mulai bekerja sesegera mungkin. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki di industri pilihan Anda, semakin cepat Anda bisa memulai.
Jika Anda memerlukan beberapa gagasan tambahan, berikut beberapa bidang konsultasi yang bisa Anda masuki:
- Konsultasi manajemen
- Penjualan
- Teknologi informasi, web, dan komputer
- Hubungan masyarakat dan pemasaran
- Keuangan dan akuntansi
- Sumber daya manusia
- Bisnis intelijen dan data
- Konsultan proses bisnis
Berbagai Macam Tugas dan Jenis Konsultan
- Bidang Marketing.
Bila suatu perusahaan mempunyai masalah dalam dalam bidang pemasaran dan menyadari bahwa mereka memerlukan opini berbeda dari perpektif luar, maka perusahaan ini akan mempekerjakan konsultan marketing. Konsultan marketing ini akan membantu eskskutif senior dalam menggali pemahaman dan pengertian terhadap sebuah masalah dan menghadapi tantangan strategis dalam bidang marketing perusahaan mereka. Konsultan pemasaran ini akan bekerja sama dengan eksekutif senior seperti marketing manager, product manager bahkan sales manager dalam merumuskan suatu strategi pemasaran yang cocok untuk permasalahan perusahaan tersebut dan rencana jangka panjang maupun jangka pendek yang akan dilakukan. Sebagian konsultan pemasaran di minta untuk mendampingi perusahaan pada masa implementasi. - Bidang Kuliner Restoran dan Makanan.Untuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan ingin menentukan bagaimana restoran yang kita kelola mampu melakukan penghematan bumbu dan bahan baku tanpa merubah menu dan resep masakan atau ingin memperbaiki sistem pelayanan pada konsumen maka anda dapat meminta bantuan perusahaan konsultan operasi atau Operations Consulting. Atau bila perusahaan anda ingin memperbarui proses pembelian dan rantai pasokan dari pabrikan dan supplier, maka anda juga membutuhkan konsultan operasi. Konsultan ini memiliki ciri khas secara umum untuk membantu implimentasi dari saran-saran mereka dalam membuat suatu sistem operasi menjadi efisien.Konsultan operasi ini lebih berfokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fulfillment, atau customer service. Contoh konsultan jenis ini antara lain: Accenture, Cap Gemini Ernst & Young, dan Deloitte consulting.
- Bidang Sumber Daya Manusia.
Human Resources (HR) Consulting atau konsultan sumber daya manusia adalah konsultan yang memfokuskan diri pada upaya-upaya untuk memaksimumkan nilai sumber daya manusia di suatu perusahaan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan bidang pekerjaan yang tepat dengan melakukan wawancara atau membuka lowongan pekerjaan sehingga kesuksesan perusahaan bisa dicapai dengan dukungan karyawan yang solid. Hal ini disadari mengingat perusahaan banyak berinvestasi pada human capital, sumber daya manusia dan berharap banyak dari investasi tersebut.Keterlibatan konsultan sumber daya manusia bisa dimulai sejak proses rekrutmen, melakukan training dan development, memberikan jasa konseling, menyusun paket gaji, renumerasi, tunjangan, fasilitas dan struktur kompensasi karyawan, membangun kultur dan komunikasi dalam perusahaan, dan sebagainya. Beberapa contoh konsultan bidang ini seperti Hewitt Associates, Towers Perrin, Watson Wyatt Worldwide, dan Mercer HR. - Bidang Strategi dan Perencanaan.
Bain & Company, Boston Consulting Group (BCG), dan McKinsey & Company adalah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang konsultasi strategi atau konsultan strategi. Konsultan strategi biasanya mendampingi eksekutif papan atas seperti direktur, komisaris dan CEO dari suatu perusahaan dalam menggali masalah, memahaminya dan menghadapi tantangan strategis menyeluruh dari suatu perusahaan. Konsultan strategi ini membantu para eksekutif senior maupun pemilik perusahaan dalam nerumuskan strategi jangka panjang dari perusaaan tersebut. Beberapa hanya memberikan rekomendasi dan melakukan presentasi, ada juga sebagian lain dituntut untuk tetap terlibat dan mengawasi selama proses implementasi. - Bidang Teknologi Informasi.
American Management Systems, Accenture, Cambridge Technology Partners, Computer Sciences Corporation, dan Electronic Data Systems (EDS) adalah contoh perusahan konsultan IT atau konsultan Informasi Tehnologi yang besar. Mereka menangani permasalahan bisnis yang kental dengan isu-isu teknis dari sistem dan teknologi informasi. Konsultan IT bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut mendukung proses bisnis mereka.Contoh proyek yang ditangani oleh IT consulting firms/konsultan IT misalnya menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank, instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP, menangani konversi database pelanggan ke server berbasis Oracle, dan sebagainya. - Bidang Internet dan Programming.
E-Consulting adalah konsultan yang menangani masalah-masalah yang menyangkut e-business dan e-commerce dalam skala yang luas. E-business biasanya adalah suatu kegiatan bisnis yang dijalankan secara online, sementara e-commerce umumnya merupakan kegiatan yang melibatkan transfer unit keuangan melalui media elektronik/internet. Beberapa konsultan bidang ini antara lain Digitas, Razorfish, dan Sapient. Mereka memiliki spesialisasi mulai dari front-end design (programming, desain grafis) hingga valuasi, branding, marketing, jasa B2B, dan sebagainya. - Lain-lain.
Beberapa ontoh konsultan yang bergerak di bidang lain adalah Charles River Associates ( konsultan yang fokus pada bidang ekonomi dan jasa litigasi), L.E.K Consulting (konsultan strategi bisnis, merger dan akuisisi), atau Marakon Associates (konsultan yang fokus pada shareholder value methodology).
Sumber;
Advertisement
0 Comments
EmoticonEmoticon