Advertisement
INFORMASI ASIMETRIS Mata Kuliah Seminar Publik
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Fitur utama dari dunia nyata adalah informasi asimetris. Dalam bidang ekonomi, asimetri informasi terjadi jika salah satu pihak dari suatu transaksi memiliki informasi lebih banyak atau lebih baik dibandingkan pihak lainnya. Umumnya pihak penjual yang memiliki informasi lebih banyak tentang produk dibandingkan pembeli, meski kondisi sebaliknya mungkin juga terjadi.
Adverse selection merupakan bentuk kegagalan pasar yang terjadi akibat informasi yang asimetris. Adverse selection penting di bidang ekonomi karena sering menghilangkan kemungkinan pertukaran yang akan menguntungkan baik konsumen maupun penjual. Adverse Selection muncul apabila produk dengan kualitas yang berbeda-beda dijual dengan satu harga karena pembeli atau penjual tidak mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menentukan kualitas yang sebenarnya pada saat membeli. Akibatnya, terlalu banyak produk yang berkualitas rendah dan terlalu sedikit produk yang berkualitas tinggi dijual dipasar atau dengan kata lain barang-barang berkualitas rendah menggeser barangbarang yang berkualitas tinggi.
Ada bebarapa kemungkinan cara yang mudah untuk menyelesaikan masalah informasi asimetri: membiarkan semua orang mengatakan apa yang dia tahu. Proses di mana individu mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri melalui pilihan yang mereka buat disebut self selection (seleksi diri). Satu pelajaran mendasar dari ketidaksempurnaan informasi adalah tindakan dalam menyampaikan informasi. Setelah mengakui bahwa tindakan menyampaikan informasi, terdapat dua hasil penting yang mengikuti. Pertama, ketika membuat keputusan, individu tidak hanya akan berpikir tentang apa yang mereka lebih suka, tetapi mereka juga akan berpikir tentang bagaimana pilihan mereka akan mempengaruhi keyakinan orang lain tentang mereka. Contohnya, saya bisa memilih lagi sekolah bukan karena saya menghargai apa yang yang diajarkan, tetapi karena mengubah keyakinan orang lain tentang kemampuan saya. Kedua, dimungkinkan untuk merancang pilihan-pilihan yang akan mendorong mereka dengan karakteristik yang berbeda untuk secara efektif mengungkapkan karakteristik mereka melalui pilihan mereka.
Dalam kasus di mana perusahaan asuransi mengambil inisiatif, self selection adalah perangkat screening utama. Dalam hal dimana tertanggung (yang menggunakan jasa asuransi), atau karyawan, mengambil inisiatif untuk mengidentifikasi dirinya sebagai jenis yang lebih baik, maka biasanya dianggap sebagai perangkat signalling. Jadi perbedaan antara screening dan signalling terletak pada apakah sisi berinformasi atau sisi kurang informasi di pasar yang bergerak pertama. Fakta mengatakan bahwa tindakan menyampaikan informasi mempengaruhi kesetimbangan hasil dengan cara yang mendalam.
Dua bentuk kesetimbangan yang mungkin yaitu : penyatuan kesetimbangan (pooling equilibria) di mana pasar tidak dapat membedakan antar jenis, dan pemisahan kesetimbangan (separating equilibria) di mana jenis yang berbeda dipisahkan dengan mengambil tindakan yang berbeda. Di sisi lain, dalam kondisi yang masuk akal, kesetimbangan mungkin tidak ada (khususnya jika biaya pemisahan terlalu besar). Bab ini akan membahas konsekuensi dari informasi asimetris dalam sejumlah situasi pasar yang berbeda. Ini akan menggambarkan inefisiensi yang muncul dan membahas kemungkinan intervensi pemerintah untuk mengatasinya. Ditafsirkan dengan cara ini, informasi asimetris adalah salah satu alasan klasik untuk kegagalan pasar dan akan mencegah mitra dagang dari menyadari semua keuntungan perdagangan. Selain informasi asimetris antara pihak perdagangan, juga dapat timbul antara pemerintah dan konsumen dan perusahaan dalam perekonomian.
PEMBAHASAN
Ada dua bentuk dasar informasi asimetris yang dapat dibedakan. Hidden Knowledge mengacu pada situasi di mana satu pihak memiliki informasi lebih lanjut dari pihak lain pada kualitas (atau "tipe") dari barang yang diperdagangkan atau kontrak variabel. Hidden Action adalah ketika salah satu pihak dapat mempengaruhi "kualitas" dari barang yang diperdagangkan atau kontrak variabel dengan beberapa tindakan dan tindakan ini tidak dapat diamati oleh pihak lain.
2.1 Hidden Knowledge
Hidden knowledge adalah keadaan dimana salah satu pihak lebih mengetahui tentang kualitas atau kontrak terhadap barang atau jasa yang diperdagangkan dibandingkan dengan pihak lain sebagai mitranya. Sebagai contoh hidden knowledge adalah seorang pekerja atau karyawan lebih mengetahui tingkat kemampuan mereka dibandingkan perusahaan, seorang produsen lebih mengetahui kualitas barang yang diproduksinya dibandingkan dengan konsumen, dan lain-lain.
Hidden knowledge ini akan menimbulkan masalah seleksi yang merugikan (adverse selection). Misalnya sebuah perusahaan mengetahui bahwa terdapat produktivitas pekerja yang tinggi dan produktivitas pekerja yang rendah dan perusahaan menawarkan upah yang tinggi dengan maksud agar para pekerja menjadi pekerja yang berproduktivitas tinggi.
2.2 Hidden Action
Hidden Action adalah tindakan dimana salah satu pihak mampu mempengaruhi kualitas serta kontrak terhadap barang atau jasa yang diperdagangkan dimana pihak lain tidak mengetahui tindakan tersebut. Contohnya adalah seorang pasien akan berusaha melakukan beberapa tes kesehatan dan prosedur pengobatan untuk memastikan bahwa dokter tidak melakukan malpraktek, pengusaha ingin tahu seberapa keras pekerjanya bekerja, dan sebagainya. Dari hidden action muncul masalah moral hazard. Hal ini mengacu pada inefisiensi yang timbul karena kesulitan dalam merancang skema insentif yang memastikan tindakan tepat yang harus diambil. Misalnya, premi asuransi yang dibebankan kepada suatu perusahaan asuransi harus memperhitungkan bahwa pihak yang dipertanggungkan akan melakukan hal yang ceroboh.
2.3 Market Unravelling
Informasi asimetris dapat menyebabkan kerugian di perdagangan sebagai akibat menjadi pihak yang kurang informasi untuk menyadari bahwa mereka kurang diinginkan oleh mitra potensialnya. Kemungkinan ini sekarang dieksplorasi lebih formal dalam suatu model dari pasar asuransi di mana tiap-tiap individu berbeda dalam kemungkinan kecelakaan mereka. Kesimpulan dasar muncul bahwa dalam kesetimbangan, beberapa konsumen tidak membeli asuransi meskipun mereka bisa menjual keuntungan kepada perusahaan asuransi jika kemungkinan kecelakaan pada mereka diamati.
2.4 Intervensi Pemerintah
Terdapat cara yang sederhana untuk pemerintah agar dapat menghindari proses adverse selection yaitu dengan memaksa para konsumen untuk membeli asuransi. Dengan kebijakan ini konsumen dengan risiko tinggi akan mendapatkan keuntungan dari premi yang lebih rendah. Pengenaan asuransi wajib mungkin terlihat sebagai kebijakan yang sangat kuat karena konsumen dipaksa untuk melakukan asuransi.
Kebanyakan pasar asuransi menggunakan kebijakan tersebut, seperti asuransi mobil atupun asuransi keselamatan pekerja atau karyawan. Ada lagi peran intervensi pemerintah, yaitu membatasi kemungkinan terjadinya kerusakan yang merata terhadap semua konsumen. Jika perusahaan asuransi pesimis dan berharap bahwa hanya konsumen yang berisiko tinggi yang akan mengambil asuransi, mereka akan menetapkan premi yang tinggi. Kebijakan yang harus diadopsi pemerintah adalah: ia dapat menyebabkan keseimbangan terbaik (yang dengan premi terendah) dengan menerapkan batas pada premi yang dapat dibebankan.
2.5 Screening
Jika perusahaan asuransi dihadapkan pada konsumen yang memiliki probabilitas kecelakaan berbeda, maka akan menguntungkan mereka jika mereka dapat menemukan beberapa mekanisme untuk membedakan antara risiko tinggi dan risiko rendah. Dengan adanya mekanisme tersebut, memungkinkan perusahaan asuransi untuk memberikan kebijakan asuransi untuk setiap jenis resiko dan untuk menghindari penyatuan risiko yang dapat menyebabkan penguraian pasar.
Dalam pasar tenaga kerja, screening digunakan ketika baik karyawan maupun perusahaan tidak mengetahui kemampuan yang sebenarnya dari karyawan itu sendiri. Screening sebaiknya dilakukan sebelum kontrak dengan karyawan (baik itu melalui beberapa tes atau proses sertifikasi lainnya) atau setelah kontrak dengan mengamati kinerja karyawan secara berkala.
2.6 Keseimbangan Informasi yang Sempurna
Keseimbangan informasi yang sempurna mengasumsikan bahwa perusahaan asuransi dapat mengamati jenis-jenis dari para konsumennya, yaitu mereka tahu persis kemungkinan kecelakaan dari setiap pelanggan.
2.7 Keseimbangan Informasi yang Tidak Sempurna
Informasi yang tidak sempurna diperkenalkan dengan mengasumsikan bahwa perusahaan asuransi tidak dapat membedakan konsumen berisiko rendah dari risiko tinggi. Serta tidak dapat menggunakan metode lain untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Mengingat asumsi ini, perusahaan asuransi tidak dapat menawarkan kontrak yang muncul dalam keseimbangan informasi kompetitif penuh. Kontrak efisien untuk resiko rendah memberikan suatu tingkat cakupan tertentu dengan premi lebih rendah dari kontrak untuk resiko tinggi.
2.8 Signalling
Dasar dari informasi asimetris adalah ketidakmampuan untuk membedakan yang baik dari yang buruk. Hal ini dapat merugikan baik bagi penjual yang gagal dalam mendapatkan nilai yang sebenarnya, dan untuk pembeli yang lebih suka membayar harga yang lebih tinggi untuk sesuatu yang dikenal baik. Situasi ini akan membaik jika penjual bisa menyampaikan beberapa informasi yang meyakinkan kualitas Produk kepada pembeli.
Jaminan juga dapat berfungsi sebagai sinyal dari kualitas barang yang tahan lama. Informasi tersebut, bisa saling menguntungkan. Perlu dicatat antara perbedaan antara screening dan signaling. Pengguna informasi yang terbatas menggunakan screening untuk mencari tau informasi yang lebih baik. Sedangkan pengguna informasi yang luas menggunakan signaling untuk membantu mengurangi informasi dan mencari tahu kebenarannya.
2.8 Moral Hazard (Hidden Action)
Masalah moral hazard muncul ketika pihak dapat mempengaruhi "kualitas" dari variabel yang baik atau kontrak yang diperdagangkan oleh beberapa tindakan yang tidak diamati oleh pihak lainnya. Menurut Donijo Robbin dalam bukunya Public Sector Economic masalah moral hazard yang berkembang saat kinerja dari agen sulit untuk diamati, masalah adverse selection muncul di mana biaya pengukuran kinerja tinggi, dan dampak dari ketidakpastian pada pengambilan keputusan (Eggerston, 1990; Williamson, 1975, 1985).
2.8.1 Moral Hazard pada Asuransi
Dua masalah yang ada di asuransi pada umumnya adalah moral hazard dan adverse selection. Masalah moral hazard yang dapat timbul dalam pasar asuransi adalah bahwa upaya pencegahan kecelakaan berkurang ketika konsumen menjadi diasuransikan. Moral hazard terjadi ketika seorang individu tertanggung memiliki beberapa kontrol atas peristiwa yang memicu pembayaran dari perusahaan asuransi. Dengan asuransi mobil, misalnya, dapat menyebabkan moral hazard individu untuk berkendara kurang hati-hati, sehingga kecelakaan lebih banyak dan pembayaran asuransi lebih, atau, secara ekstrim, bahkan dapat menyebabkan seseorang untuk merusak mobilnya sendiri sengaja untuk mengumpulkan asuransi.
Adverse selection terjadi ketika mereka yang paling mungkin untuk melakukan klaim asuransi membeli asuransi sementara mereka yang paling tidak mungkin untuk membuat klaim tetap tidak diasuransikan. Jika perusahaan asuransi dapat memberitahu di depan waktu yang pelamar untuk asuransi lebih mungkin dikenakan biaya lebih, mereka dapat mengenakan tarif yang berbeda untuk individu yang berbeda untuk mengimbangi adverse selection. Ada dua faktor yang membuat seleksi yang merugikan sehubungan dengan asuransi kesehatan.
Pertama, tertanggung individu cenderung memiliki informasi yang lebih baik membuat klaim akan tentang kesehatan mereka sendiri daripada perusahaan asuransi, sehingga perusahaan asuransi akan paling mungkin untuk dapat dengan tepat menentukan harga risiko buruk. Kedua, ada sentimen publik yang kuat terhadap pengisian tingkat yang berbeda untuk orang dengan risiko kesehatan yang berbeda. Tidak seperti adverse selection dimana pemerintah dapat menyatukan risiko ketika perusahaan tidak bisa, pemerintah tidak memiliki keuntungan lebih dari perusahaan dalam hal moral hazard. (Public Finance) Adverse selection terjadi pada asuransi ketika perusahaan asuransi tidak dapat membedakan antara risiko tinggi dan individu berisiko rendah berdasarkan informasi yang tersedia untuk dia.
Perusahaan asuransi berakhir dengan pilihan yang buruk dari orang, dan mungkin perlu untuk merancang premi yang berbeda dalam upaya untuk mengatasi faktor risiko yang berbeda. Konsep moral hazard berlaku bukan hanya pada masalah asuransi, tetapi juga untuk masalah-masalah pekerja yang mempunyai kinterja dibawah kemampuannya ketika majikan tidak dapat memantau perilaku mereka. Umunya moral hazard terjadi apabila satu pihak yang tindakan-tindakannya tidak diamati memengaruhi probabilitas atau besarnya pembayaran. (Robert J. Pindyck dan Daniel L. Rubinfeld:1996).
2.8.2 Upaya yang dapat diamati
Untuk memberikan patokan dari mana untuk mengukur dampak dari moral hazard, kita pertama menganalisis pilihan kontrak asuransi ketika upaya dapat diamati oleh perusahaan asuransi. Dalam hal ini tidak akan ada kegagalan efisiensi karena sudah tidak ada informasi asimetris. Jika perusahaan asuransi dapat mengamati e, maka akan ditawarkan kontrak asuransi yang bersyarat. Kontrak tersebut akan menjadi { δ (e), π (e)}, (dengan e = 0, 1).
Persaingan antara perusahaan asuransi memastikan bahwa kontrak yang ditawarkan memaksimalkan utilitas konsumen perwakilan dengan kendala bahwa perusahaan asuransi setidaknya impas. Untuk memenuhi persyaratan terakhir ini, premi harus tidak lebih rendah dari pembayaran ganti rugi yang diharapkan. Diberikan kebijakan untuk memecahkan e yaitu Max U (e, δ, π) → π ≥ p (e) δ. sehingga kerusakan sepenuhnya tertutup dan premi adalah wajar mengingat tingkat usaha yang dipilih. Ini diilustrasikan pada grafik dibawah ini. Garis lurus adalah himpunan kontrak (jadi π = p (e) δ), I adalah kurvva indiferens tertinggi yang dapat dicapai ketika kontrak ini diberikan.
Kontrak terbaik pertama kemudian merupakan asuransi penuh dengan δ * (e) = d dan π * (e) = p (e) d. Pada kontrak terbaik pertama, tingkat kepuasan menghasilkan U* (e) = u (r – p (e) d) – ce Upaya akan dilakukan (e = 1) Jika U* (1) ≥ U* (0) c ≤ c1 ≡ u (r – p(1) d) – u (r – p (0) d) Artinya, biaya usaha lebih kecil dari keuntungan utilitas yang dihasilkan dari premi yang lebih rendah. Pertanyaan menarik adalah apakah kontrak terbaik pertama mendorong penyediaan tenaga, yaitu apakah tingkat biaya usaha dimana usaha diberikan dengan tidak adanya kontrak, c0, kurang dari itu dengan kontrak, c1. Perhitungan menunjukkan bahwa hasilnya dapat pergi baik dalam arah tergantung pada probabilitas kecelakaan yang terkait dengan upaya dan tidak ada upaya.
2.8.3 Intervensi Pemerintah
Kegagalan pasar sangat terkait dengan moral hazard. Masalah moral hazard muncul dari non-observability dari tingkat perawatan. Ketika individu sepenuhnya diasuransikan mereka cenderung mengerahkan tindakan pencegahan terlalu sedikit tetapi juga untuk menggunakan asuransi secara berlebihan. Setiap individu mengabaikan efek dari perilaku cerobohnya.
2.9 Penyediaan Publik untuk Perawatan Kesehatan
Seperti yang diketahui, bahwa terdapat dua penyedia barang dan jasa di pasar, yaitu pihak swasta dan pihak pemerintah yang menyediakan barang atau jasa yang tidak bisa disediakan pihak swasta. Begitu juga dengan perawatan kesehatan, meskipun pihak swasta sudah menyediakannya, pemerintah juga menyediakannya. Kebanyakan orang tidak mengetahui kapan ia akan sehat, kapan ia akan sakit, kapan ia akan celaka, kapan ia akan meninggal dan berapa biayanya.
Karena ketidakpastian tersebut, kebanyakan orang membeli asuransi kesehatanuntuk dirinya dan keluarganya. Ini berarti bahwa orang tersebut tidak membayar penuh biaya marjinal dari biaya kesehatan mereka. Tetapi banyak sekali masalah yang dihadapi ketika seseorang membeli asuransi kesehatan. Yang pertama yaitu adanya informasi asimetris. Disini penjual asuransi kesehatan lebih mengetahui tentang kebutuhan kesehatan daripada si pembeli. Dengan adanya informasi asimetris ini menyebabkan konsumsi yang berlebihan. Yang kedua yaitu adanya adverse selection. Konsumen yang menghadapi risiko yang lebih besar untuk biaya kesehatan tinggi akan membeli asuransi kesehatan meskipun preminya sangat tinggi. Pada saat premi tinggi, orang yang sehat lebih memilih untuk tidak membeli asuransi kesehatan karena hal tersebut akan mengarah pada situasi dimana perusahaan asuransi harus menaikkan suku bunga.
Masalah ini dapat mendorong perusahaan asuransi keluar dari bisnis dan meniggalkan masyarakat tanpa asuransi kesehatan. Tetapi penyediaan perawatan kesehatan oleh pihak swasta akan lebih mahal. Untuk itu diperlukan intervensi pemerintah dalam penyediaan asuransi kesehatan. Jika pemerintah dapat menyediakan asuransi kesehatan, setidaknya akan lebih murah daripada yang ditetapkan oleh pihak swasta sehingga masyarakat dapat mengasuransikan dirinya pada asuransi kesehatan. Seperti dua sisi mata uang, penyediaan asuransi kesehatan oleh pemerintah ini juga menyebabkan moral hazard bagi masyarakat yang sudah mengasuransikan dirinya di asuransi kesehatan. Mereka menjadi malas berolahraga dan tidak menjaga makannya dengan benar yang dapat menyebabkan mereka sakit karena mereka sudah memiliki asuransi kesehatan.
2.10 Evidence
Informasi asimetris memiliki implikasi yang besar dalam menjalankan mekanisme pasar persaingan dan lingkup intervensi pemerintah. Rekomendasi berbagai kebijakan untuk masalah ini juga berbeda tergantung masalah adverse selection atau moral hazard yang sedang dihadapi. Contoh sederhananya ada pada pasar asuransi karena adverse selection dan moral hazard memprediksi hubungan positif antara frekuensi kecelakaan dan asuransi. Masalah utamanya adalah bahwa hubungan tersebut dapat memberikan dua interpretasi yang berbeda.
Dalam masalah adverse selection, pihak yang memiliki resiko tinggi lebih memilih cakupan yang lebih luas karena mereka tau kemungkinan kecelakaan yang akan mereka dapatkan. Sedangkan dalam masalah moral hazard, pihak yang telah memilih cakupan yang luas tersebut justru lebih ceroboh dalam melakukan suatu tindakan karena mengandalkan asuransi.Cara lain untuk menghindari kesulitan dalam membedakan antara adverse selection dan moral hazard adalah dengan mempertimbangkan pasar anuitas. Pasar anuitas memberikan asuransi kesehatan. Di pasar ini kita bisa dengan aman berharap bahwa individu tidak akan secara substansial memodifikasi perilaku mereka dalam menanggapi pendapatan anuitas (seperti mengerahkan usaha lebih untuk memperpanjang hidup). Oleh karena itu, tingkat kematian diferensial yang membeli berbagai jenis anuitas merupakan bukti yang meyakinkan bahwa self selection telah terjadi.
Advertisement
0 Comments
EmoticonEmoticon