(14) Tugas Mengetik

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Ukuran penempatan atau ukuran lokasi merupakan sebuah ukuran yang menunjukkan batas nilai antarkategori ketika sebuah distribusi dibagi menjadi beberapa bagian.

Ukuran penyimpangan adalah sebuah ukuran yang menunjukkan seberapa besar nilai-nilai data yang berbeda  atau bervariasi dengan nilai ukuran pusatnya.

Unit analisis merupakan keseluruhan satuan atau unit yang akan diteliti. unit analisis dapat berupa individu, kelompok, wilayah, atau benda.


V

Validitas – Makna validitas dalam analisis isi bukanlah hubungan antara variabel dan teori, melainkan validitas ini berada diantara klasifikasi skema atau variabel yang berasal dari sebuah interpretasi terhadap teks atau simbol yang menghubungkan isi dengan sebab-sebabnya.

Validitas isi merupakan tipe validitas yang mengukur sejauh mana isi instrumen penelitian mewakili seluruh aspek yang dianggap sebagai  kerangka konsep yang akan diukur.

Validitas konstruk merupakan tingkat validitas ketika terdapat konsistensi antarkomponen konstruk yang satu dengan yang lainnya.

Validitas kriteria adalah validitas yang menunjukkan sejauh mana suatu pengukuran menyentuh standar atau perilaku penting yang telah ada, yaitu standar eksternal untuk mengukur suatu gejala sosial.

Validitas rupa menunjuk pada segi “ rupa sebuah alat ukur”, suatu alat pengukur tampak mengukur apa yang akan diukur.

Validitas internal menunjuk  pada keabsahan bahwa variabel bebas memang mempunyai hubungan atau memengaruhi variabel terikat.

variabel ekternal atau disebut juga generalisibilitas yaitu tipe validitas yang diperoleh dengan cara mengorelasilan alat ukur baru dengan tolok ukur eksternal yang dapt berupa alat ukur yang sudah valid.

Validitas dalam penelitian kualitatif bukan dimaknai sebagai validitas instrumen penelitian.

Validitas merupakan ketepatan atau kecermatan sebuah instrumen penelitian dalam mengukur apa yang ingin diukur.

Variabel merupakan suatu konsep yang diasumsikan oleh seseorang atau suatu fenomena atau objek tertentu yang mengandung nilai-nilai; konsep yang memiliki variasi nilai.

Hubungan simetris. Kedua variabel dikatakan memiliki hubungan simetris, apabila variabel yang satu tidak disebabkan oleh variabel yang lain,  atau tidak dipengaruhi variabel yang lain.

Variabel Publik, yaitu variabel yang menunjukkan ciri-ciri suatu objek yang telah diketahui oleh umum.

variabel privat, yaitu variabel yang menunjukkan ciri-ciri tertentu yang secara pasti dapat diketahui tetapi orang lain tidak berhak untuk mengetahuinya.

variabel dummy, yaitu variabel yang memiliki dua atribut. variabel ini disebut juga variabel indikator.

W

Wald Wolfowitz merupakan uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua kelompok (sampel) yang tidak berhubungan pada data berskala ordinal (ranking).]

Wawancara (interview) merupakan metode pengumpulan data dengan cara peneliti pengajukan pertanyaan secara lisan kepada seseorang (informan atua responden).

Wlcoxon matched Pairs Test Merupakan alat uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal (ranking) pada dua sampel berhubungan (related).

Z

Zotero adalah Program pengolah daftar pustaka; program ini mampu mendeteksi isi browser web secara otomatis.

Daftar Pustaka :
Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon