(12) Tugas Mengetik

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Sebuah sampel dikatakan berhubungan ( related sample) apabila dalam sebuah penelitian, peneliti hanya menggunakan satu sampel, namun diberi perlakuan lebih dari satu kali.

Sebuah sampel dikatakan sampel tidak berhubungan (independent sample) apabila anggota dua kelompok atau lebih adalah berbeda satu sama lain, masing-masing anggota kelompok diberi perlakuan sebanyak satu kali.


Scatterplot adalah sebuah grafik digunakan untuk melihat berbagai pola hubungan di antara dua variabel berskala interval atau rasio.

Sejarah kehidupan – Penelitian sejarah kehidupan atau life history adalah sebuah penelitian yang menceritakan pengalaman kehidupan seseorang, ketika pengalaman tersbut terjadi dalam satu atau bberapa periode waktu tertentu, dlam situasi pribadi maupun kelompok.

Semiotika merupakan salah satu ragam penelitian kualitatif yang meneliti tanda (sign)

Skala bogardus merupakan skala yang digunakan untuk mengukur pendapat atau sika[ seseorang terhadap suatu objek.

Skala Guttmen merupakan skala yang digunakan untuk mengukur pendapat atau sikap  seseorang terhadap suatu objek.

Skala Likert merupakan salah satu bentuk instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur pendapat, persepsi, atau sikap seseorang mengenai suatu objek.

Skala pengukuran merupakan pembedaan ukuran variabel yang didasarkan pada karakteristik   kategori sebuah variabel.

Skala penilaian merupakan skala yang digunakan untuk mengetahui pendapat atau sikap seseorang mengenai suatu objek yang sedang diteliti.

Skala semantik direrensial merupakan salah satu bentuk instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur sikap.

Skala Thurstone merupakan instrumen penelitian yang disusun  dengan menggunakan butir yang berbentuk skala interval.

sosiometri berasal dari bahas latin socius yang berarti sosial (masyarakt) dengan metrum yang berarti measure atau pengukuran. sosiometri dimaknai sebagai sebuah metode pengukuran secara kuantitatif maupun kualitatif mengenai hubungan antarpersonal atau antar kelompok sosial menggunakan matrik sosial dan biasanya hasil pengukuran ini ditunjukkan dalam sosiogram.

Secara ringkas, statistik dapat didefinisikan sebagai sebuah teknik-teknik  pengolahan data kuantitatif atau data yang berupa angka.

Studi kasus (case study) merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan secara intensif, rinci, dan mendalam mengenai suatu kasus, gejala sosial, atau unit sosial tertentu yang spesifik.

Studi pustaka merupakan proses mencari, membaca, memahami, dan menganalisis berbagai literatur, hasil kajian (hasil penelitian) atau studi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Subjektivitas, dalam penelitian kualitatif, subjektivitas mengacu pada cara-cara atau proses penelitian yang dibentuk atau dirahkan pada perspektif tertentu, kepentingan tertentu, hasil tertentu, dan biografi peneliti yang dapat memengaruhi objektivitas hasil penelitian.

Daftar Pustaka :
Buku Konsep - konsep Kunci Metode Penelitian Sosial Nanang Martono
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon