Pengertian dan Arti Penting Akuntansi

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Udah tau belum akuntansi itu apa teman teman? kalau beum tau. yuk kita berkenalan dengan akuntansi. Apa itu Akuntansi ? selamat membaca ^_^

Tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin. Berapa besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan akan sulit ditentukan jika perusahaan tidak menyelenggarakan kegiatan akuntansi. Dengan akuntansi perkembangan perusahaan bisa diikuti dari waktu ke waktu, keuntungan ataupun kerugian bias dideteksi, sehingga jika perusahaan merugi bisa segera dicari penyebabnya dan ditanggulangi, sedangkan jika mendapat keuntungan perusahaan bisa mengembangkannya untuk perluasan usaha. Oleh karena itu, kegiatan akuntansi sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan baik perusahaan kecil apalagi perusahaan besar, baik perusahaan yang berorientasi keuntungan maupun perusahaan non laba.

Jadi apa itu akuntansi? Akuntansi adalah suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan atas transaksi-transaksi keuangan perusahaan serta interpretasinya (menurut Sutrisno dalam bukunya Akuntansi proses penyusunan laporan keuangan).  Banyak sekali untuk pengertian dan arti penting akuntansi itu menurut para ahli tetapi intinya adalah sama yaitu Mencatat sampai melaporkan sehingga membentuk siklus akuntansi.

Akuntansi sebagai suatu sistem informasi kepada berbagai pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Informasi yang disajikan diperlukan oleh:
  1. Manajer
  2. Pemilik (Investor)
  3. Kreditor
  4. Pemerintah


PROFESI AKUNTANSI
Akuntan Publik adalah akuntan yang memberikan pelayanan jasanya kepada masyarakat. Untuk itu akuntan publik menerima imbalan jasa dari pemakainya.
Akuntan Intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan tertentu dan mereka bekerja hanya untuk perusahaan itu sendiri.

BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN
Perusahaan Perseorangan Adalah perusahaan yang dimiliki oleh satu orang (keluarga) yang mempunyai tanggung jawab penuh terhadap segala risiko yang dihadapi perusahaan (tanggung jawab tak terbatas)
Perusahaan Persekutuan Adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama dan tanggung jawab juga bersama.Bentuk perusahaan ini bisa berupa Firma (Fa) dan Persekutuan Komanditer (CV). Bentuk Firma jika semua pemilik ikut bekerja di dalam perusahaan, sementara bentuk CV bila tidak semua pemilik modal ikut bekerja di dalam perusahaan.
Perusahaan Perseroan  Adalah perusahan yang modalnya terdiri atas sejumlah lembar saham, di mana setiap pemegang saham menjadi pemilik perusahaan. Pemilik mempunyai tanggung jawab yang terbatas yakni sebesar modal yang disetornya.
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
  • Konsep Entitas
Konsep entitas atau kesatuan usaha yakni suatu organisasi yang berdiri sendiri, terpisah dari pemilik atau organisasi lain. Harta perusahaan harus dipisahkan dengan harta pribadi.
  • Konsep Obyektif
Laporan akuntansi harus didasarkan pada data yang bisa dipercaya. Data yang dipercaya artinya bisa diverifikasi (diperiksa kebenarannya). Oleh karena itu harus didasarkan pada data yang obyektif.
  • Konsep Biaya
Barang yang dibeli harus dicatat berdasarkan pada biaya yang sesungguhnya, walaupun mungkin harga normalnya tidak seperti biaya sesungguhnya.
TRANSAKSI KEUANGAN
            Adalah semua kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan keuangan, seperti setoran modal pemilik, meminjam uang, membayar utang, membeli bahan, membayar gaji, menjual barang, menerima pembayaran piutang dan lain-lain.


       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon