Penjelasan Transaksi Perbankan

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Transaksi Perbankan


Transaksi perbankan merupakan kejadian ekonomi yang melibatkan sedikitnya 2 pihak yang saling melakukan pertukaran dalam bidang perbankan.

Transaksi perbankan kini sudah lebih modern dengan hadirnya e-banking. Dengan adanya e-banking mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

Jenis Jenis Transaksi e-banking


Beberapa jenis transaksi e-banking adalah sebagai berikut:
1. Internet banking
Internet banking merupakan transaksi perbankan yang dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.
2. Phone banking
Phone banking merupakan layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah dengan tujuan mempermudah nasabah mendapatkan informasi perbankan dan transaksi tidak tunai melalui telepon.
3. Mobile banking
Mobile banking merupakan transaksi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler dengan menggunakan SMS ataupun aplikasi khusus mobile banking.
4. SMS banking
SMS banking merupakan layanan yang diberikan bank kepada nasabah untuk mempermudah nasabah memperoleh informasi perbankan melalui media SMS.


Transaksi-transaksi yang biasanya dilakukan dengan e-banking adalah: informasi saldo, transfer saldo, pembayaran, informasi nilai tukar, mutasi rekening, dan pembelian pulsa.

E-banking memiliki keunggulan, yaitu mudah digunakan dimana saja dan kapan saja. Namun demikian, kemudahan ini juga beresiko terhadap kejahatan dalam transaksi perbankan.

Kejahatan dalam Transaksi Perbankan/ Bank

Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sangat menyukai untuk menemukan celah dalam transaksi e-banking untuk kemudian membobolnya dan menggunakan akun nasabah secara tidak bertanggung jawab.

Dalam mengatasi kejahatan tersebut, bank-bank telah mencoba untuk meningkatkan pengamanannya. Selain adanya kata kunci, untuk transaksi yang bersifat memindahkan saldo, dibutuhkan semacam PIN.

Demi menjaga keamanan dalam transaksi perbankan, nasabah diharapkan merahasiakan kata kunci, PIN, maupun kode akses e-banking.

Diperlukan kewaspadaan juga saat menggunakan jaringan internet untuk memilih yang aman. Belum lama ini juga tersiar kabar beberapa kartu ATM suatu bank di Indonesia banyak yang diblokir karena adanya dugaan sabotase oleh pihak yang tidak berwenang. Pembobolan dana nasabah melalui ATM ini sudah marak beberapa tahun belakangan. Meskipun demikian, masih saja banyak warga yang tertipu dan terjebak dalam kejahatan tersebut.

Tips Aman transaksi ATM


Antisipasi dan konsentrasi penuh diperlukan saat akan melakukan transaksi di ATM. Pastikan lampu indikator kartu di ATM menyala. Biasanya lampu mati ketika telah dipasang suatu alat sadap.

Ketika transaksi lebih lama dari biasanya, diusahakan jangan panik dan jangan percaya pada nomor customer service yang tertera di mesin ATM. Jika kartu tertelan, segera blokir kartu dan jangan percaya ketika ada orang yang menawarkan bantuan. Selain itu, tidak ada salahnya mengaktifkan

fitur SMS alert, sehingga ketika ada transaksi yang mencurigakan dapat segera diketahui dan segera ditindaklanjuti.

Dilansir dari : https://http716.wordpress.com/2017/02/01/kejahatan-dalam-transaksi-perbankan/
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon