3 jurusan dalam fakultas ekonomi

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Pada dasarnya Fakultas Ekonomi (FE) ini terbagi menjadi 3 jurusan, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Nah ketiga jurusan ini pastinya punya fokusnya masing-masing, dan keahlian yang ditekankan di setiap jurusan juga berbeda-beda.

A. JURUSAN ILMU EKONOMI

Intinya kalo Ilmu Ekonomi (selanjutnya disebut dengan istilah IE) lebih menitikberatkan ke ekonomi makro, sementara porsi untuk ekonomi mikro lebih sedikit. Di sini mata kuliahnya lebih banyak ngebahas tentang permasalahan ekonomi secara menyeluruh, yang cakupannya dari perekonomian 1 negara atau bahkan hubungan antar negara. Dari sudut pandang ekonomi mikro sekalipun, scope yang dibahas adalah industri atau sektor skala raksasa.



Secara umum gua bisa gambarkan bahwa dalam IE lo akan mempelajari berbagai kebijakan yang perlu diambil negara untuk perbaikan ekonomi, hingga membuat analisis keputusan industrial skala besar. Dalam hal ini, perlu gua tekankan bahwa jurusan IE sangat kental hubungannya dengan analisis matematis! Nah loh, siapa bilang kuliah ekonomi ngga akan ketemu sama itung-itungan? Analisis ekonomi dalam skala makro itu sangat membutuhkan pendekatan matematis, terutama aljabar. Kok bisa? Karena melalui fungsi dan persamaan matematis inilah kita jadi bisa melakukan analisis, prediksi, dan estimasi mengenai kondisi perekonomian berdasarkan data-data yang ada, yang kemudian hasil proses data tersebut digunakan untuk mengambil kesimpulan kebijakan mana yang seharusnya diambil oleh para pengambil kebijakan (policy-makers).
Jadi jangan kaget kalo lo ngambil jurusan ini terus lo dituntut untuk bisa menyelesaikan persamaan fungsi linear dan kuadrat, menghitung matriks, dan melakukan penghitungan persamaan diferensial dan integral. Dijamin hal-hal kaya gini bakalan jadi makanan sehari-hari lo deh karena pengetahuan ini penting banget untuk melakukan berbagai analisis nantinya.

Nah dari beberapa contoh topik-topik yang dipelajarin di jurusan Ilmu Ekonomi, keahlian para lulusannya berkisar antara penelitian mengenai pengambilan kebijakan ekonomi yang sesuai berdasarkan kondisi perekonomian negara saat itu, kemampuan menganalisis dan memprediksi kondisi perekonomian (nasional dan global) ke depannya akan seperti apa.
Nah, buat lo yang nanti kuliah di jurusan IE, maka pada semester 5-6 lo akan dihadapkan pada pemilihan konsentrasi studi. Untuk jurusan IE, secara umum ada 7 pilihan konsentrasi studi, yaitu:
  1. Ekonomi Internasional
  2. Ekonomi Publik
  3. Ekonomi Regional
  4. Ekonomi Moneter
  5. Ekonomi Pembangunan
  6. Ekonomi Industri
  7. Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan
  8. Ekonomi Sumber Daya Manusia

B. JURUSAN MANAJEMEN

Kalo jurusan Manajemen lulusannya pada jadi manager di sebuah perusahaan? Ngga gitu juga sih. Manajer di sebuah perusahaan itu kan level atau posisi yaa, sementara di kuliah itu lo belajar yang namanya ilmu manajemen. Intinya sih kuliah di jurusan manajemen ini berarti lo akan banyak belajar tentang bagaimana cara mengelola sumber daya (bisa berbentuk uang, manusia, waktu, dll) untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif dan efisien, dimana proses manajemen itu secara umum diuraikan dalam tahap-tahap dari mulai:

  • Perencanaan (planning)
  • Pengalokasian (organizing)
  • Pelaksanaan (implementing)
  • Pengevaluasian (evaluating)

C. JURUSAN AKUNTANSI


Terakhir adalah jurusan Akuntansi
Oleh karena itulah, jurusan akuntansi sekarang tidak hanya fokus pada teknik membuat laporan keuangan yang wajar dan akurat, tapi juga belajar membuat sistem informasinya agar bisa diaplikasikan secara efektif.
Meskipun tiap kampus bisa aja beda-beda, tapi pada umumnya jurusan Akuntansi ini terbagi menjadi 5 konsentrasi, yaitu:
  1. Akuntansi Keuangan
  2. Manajemen Akuntansi
  3. Sistem Informasi
  4. Perpajakan
  5. Audit


       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon