Kenapa Belajar administrasi perpajakan?

Advertisement
       
      
              
    
  
  

Kenapa Sih Harus Ngerti Pajak???



Image from solusibisnis.co.id

Administrasi Pajak dalam arti luas dapat dilihat sebagai fungsi, sistem, lembaga dan manajemen publik.

Administrasi Pajak dalam arti sempit adalah penatausahaan dan pelayanan terhadap kewajiban-kewajiban dan hak-hak wajib pajak, baik penatausahaan dan pelayanan tersebut dilakukan di kantor fiskus maupun di kantor wajib pajak. Yang termasuk dalam kegiatan penatausahaan (clerical works) adalah pencatatan (recording), penggolongan (classifying) dan penyimpanan (filing).

Mengerti dan memahami apa itu pajak, bagaimana hukum pajak dan hal-hal lain yang berikaitan dengan pajak sangatlah penting. 

Selain untuk kesadaran pribadi, belajar pajak juga memberikan banyak manfaat lain untuk Anda karena dengan belajar  pajak maka Anda akan mengerti apa itu makna sebenarnya dari pajak, dasar hukumnya, fungsi pajak, sanksi bagi pelanggar dan semua yang berkaitan dengan perpajakan.

Selain itu masih banyak lagi manfaat lain yang dapat diperoleh dari belajar pajak, terutama untuk karir seseorang, karena alasan inilah banyak orang yang kemudian mengikuti kelas brevet ata mempelajari tentang perpajakan. Berikut ini adalah beberapa dari manfaat belajar pajak:

Menambah protofolio. Dengan adanya sertifikat pernah mengikuti kelas brevet atau belajar pajak  maka akan menjadi daya tarik tersendiri saat melamar kerja di perusahaan. Sehingga peluang diterima akan semakin besar.

Belajar pajak dan memahaminya akan semakin memudahkan tugas dan kerja bagi Anda para karyawan yang menduduki posisi accounting dan pajak.

Bagi para manager atau pemimpin di sebuah perusahaan mengerti ilmu perpajakan akan membuat mereka lebih dapat mengontrol pekerjaan anak buah atau karyawan mereka.

Dengan belajar pajak juga dapat menciptakan staff yang terrampil perpajakan dan dapat memandu wajib pakah dalam pelaksanaan hal dan kewajiban perpajakan.

Menjadi konsultan pajak, baik untuk pribadi maupun untuk badan sangat dibutuhkan pada saat ini.

Memberikan kesadaran sehingga dapat menjalankan prinsip self assessment.
Dapat menghitung, mengatur dan melaporkan pajak terhutang maupun untuk membantu orang lain yang membutuhkan pemahaman mengenai perpajakan.

Membuat Anda lebih paham dalam penyusunan perencanaan pajak baik untuk diri sendiri maupun untuk perusahaan.
Memahami teknis mengenai perhitungan dan pelaporan pajak.

Dapat membantu untuk memberikan pemahaman mengenai kewajiban perpajakan yang berlaku di Indonesia dan bagaimana cara untuk pemenuhan kewajiban tersebut.

Selain kesepuluh poin diatas, masih banyak lagi manfaat lain yang  dapat Anda peroleh dari belajar ilmu perpajakan.

banyak sekali Manfaat Belajar Pajak dan untuk Saat ini untuk belajar mengenai ilmu perpajakan Anda tidak selalu harus dengan mengikuti kelas kuliah, yang tentu saja akan menyita banyak waktu, tenaga dan biaya.

 Saat ini banyak para profesional atau mereka para konsultan pajak senior yang memberikan kelas brevet dimana Anda dapat bergabung didalamnya untuk mempelajari tentang seluk beluk perpajakan.

Tentu saja cara ini jauh lebih praktis dan efisien dibandingkan Anda harus mengikuti kuliah khusus atau belajar otodidak dengan menggunakan banyak sumber yang justru akan membuat Anda bingung.


       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon