pilihan konsentrasi studi Jurusan Ekonomi

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Untuk jurusan Ilmu Ekonomi, secara umum ada 7 pilihan konsentrasi studi, yaitu:
lampost.co


  1. Ekonomi Internasional
  2. Ekonomi Publik
  3. Ekonomi Regional
  4. Ekonomi Moneter
  5. Ekonomi Pembangunan
  6. Ekonomi Industri
  7. Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan
  8. Ekonomi Sumber Daya Manusia
Sebetulnya tiap kampus bisa beda-beda sih, mungkin kampus A ada 5 konsentrasi, mungkin di kampus B ada 7 dengan sebutannya sedikit berbeda, tapi secara umum seperti yang barusan gue sebutin di atas.

Dari nama-nama konsentrasinya, kira-kira lo kebayang nggak apa yang dipelajarin? Kalo Ekonomi Internasional pastinya fokusnya akan ke kegiatan dan berbagai kebijakan ekonomi yang berhubungan sama dunia internasional seperti ekspor, impor, kerjasama ekonomi internasional dan transaksi pembayaran internasional.

Ada juga yang namanya Ekonomi Industri, yang fokus ke kegiatan perusahaan di sebuah industri atau sektor tertentu. Di sini bakalan dibahas berbagai macam pasar persaingan, seperti pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, monopsoni, monopolistik, dll. Konsentrasi ini juga dasarnya adalah ekonomi mikro, karena ngebahasnya udah dalam cakupan yang lebih kecil, yaitu perusahaan dalam industri tertentu.

Kalo Ekonomi Moneter itu fokusnya ke berbagai kegiatan yang berhubungan sama sistem pembayaran dan isu-isu moneter lainnya yang hubungannya sangat dekat dengan Bank Sentral sebuah negara. Analisis yang lo pelajari akan melihat dari perspektif Bank Sentral dalam menghadapi persoalan ekonomi negara, tentang bagaimana caranya untuk menjaga stabilitas harga (inflasi), nilai tukar uang negara, penentuan tingkat suku buang, jumlah produksi uang beredar, dll.

Terus lo masih inget gak, ada kebijakan moneter, ada juga kebijakan fiskal. Nah untuk yang kebijakan fiskal ini lebih banyak dipelajarin di konsentrasi Ekonomi Publik. Pada prinsipnya, di sini lo dituntut untuk melihat dari sudut pandang bagaimana pemerintah mendistribusikan APBN (pajak) untuk pembangunan nasional. Konsentrasi ini sangat erat dengan permasalahan pertumbuhan ekonomi nasional, tingkat pengangguran, inflasi, dll.
Ekonomi Regional juga mirip sama Ekonomi Publik, cuma cakupannya bukan nasional, tapi provinsi, kabupaten, dan kota. Kalo dalam skala nasional ada yang namanya APBN, di skala regional ada yang namanya APBD atau anggaran belanja daerah.

Nah, pada konsentrasi ini lo akan melihat dari sisi bagaimana pengelolaan anggaran daerah untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.
Selain berbagai konsentrasi itu, masih ada lagi yang namanya Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Konsentrasi ini ngebahas banyak tentang berbagai sumber daya alam yang ada di bumi kita ini, dan juga proses perolehan, penggunaan, dan berbagai dampak yang timbul, terutama terhadap lingkungan. Zenius sendiri udah sering banget nulis artikel dengan topik penggunaan sumber daya alam yang ramah lingkungan. Nah perubahan dari sumber energi ini, pastinya punya pengaruh besar terhadap kesetimbangan ekonomi, karena yang namanya energi adalah elemen krusial dalam kehidupan bermasyarakat, dan semua hal itu lo pelajari dalam konsentrasi ini.

Kalo konsentrasi yang terakhir, yaitu Ekonomi Sumber Daya Manusia ini lebih banyak fokus ke faktor input tenaga kerja alias ketenagakerjaan. Topik yang akan lo ulik, ga akan jauh-jauh dari kesejahteraan pekerja, kebijakan upah minimum, tingkat pengangguran, dan hubungan industrial antara pekerja, pemerintah, dan perusahaan.
Terus pertanyaan yang nggak kalah pentingnya, kira-kira para alumni jurusan ini tuh bisa kerja dimana dan sebagai apa sih? Peluang kerja yang paling cocok buat anak-anak lulusan jurusan Ilmu Ekonomi nih biasanya jadi analis pasar, peneliti ekonomi, guru/dosen ekonomi atau konsultan kebijakan ekonomi yang kerja bareng sama para pengambil kebijakan (pemerintah), baik dalam skala nasional, maupun regional.


       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon