TEHNIK ADMINISTRASI DALAM MEMBENTUK BUDAYA PERUSAHAAN

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Menyediakan dan menyelenggrakan pelatihan yang ekstensif tentang analisa dan resolusi dilemma etika dalam bisnis.

Memasukkan penasihat etika untuk membantu manajemen dalam memastikan pesan etika secara tepat.

Secara berkala mengkomunikasikan informasi dari manajemen tingkat atas sampai kepada semua karyawan bahwa etika bisnis penting untuk menjamin keputusan bisnis yang baik.

Pentingnya dibentuk komite etika dan/ atau dewan pengawas etika yang bertugas meninjau aktivitas organisasi dan menyediakan rekomendasi yang proaktif untuk aktivitas mendatang dan proses pengambilan keputusan.

Dalam rangka pengendalian, perlu bekerja sama dengan konsultan etika atau auditor untuk melakukan check dan recheck keseluruhan pelaksanaan etika bisnis dalam perusahaan dan melakukan penyempurnaan jika diperlukan.
 

PENGARUH ETIKA TERHADAP BUDAYA PERUSAHAAN


Etika seseorang dan etika bisnis adalah satu kasatuan yang terintegrasi sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, keduanya saling melengkapi dalam mempengaruhi perilaku antar individu maupun kelompok, yang kemudian menjadi perilaku organisasi yang akan berpengaruh terhadap budaya perusahaan.


Jika etika menjadi nilai dan keyakinan yang terinternalisasi dalam budaya perusahaan, maka akan berpotensi menjadi dasar kekuatan perusahaan dan akhirnya akan berpotensi menjadi stimulus dalam peningkatan kinerja karyawan.


Terdapat pengaruh yang signifikan antara etika seseorang dari tingkatan manajer terhadap tingkah laku etis dalam pengambilan keputusan.


 

Kemampuan seorang profesional untuk dapat mengerti dan peka terhadap adanya masalah etika dalam profesinya sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sosial budaya, dan masyarakat di mana dia berada.

Budaya perusahaan memberikan sumbangan yang sangat berati terhadap perilaku etis. Perusahaan akan menjadi lebih baik jika mereka membudayakan etika dalam lingkungan perusahaanya.

Budaya perusahaan memberikan sumbangan yang sangat berati terhadap perilaku etis.

Perusahaan akan menjadi lebih baik jika membudayakan etika dalam lingkungan perusahaanya.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon