Makalah Jurnal Pembalik

Advertisement
       
      
              
    
  
  
Ini Adalah Preview, Untuk link Download di Bawah Postingan, admin Menyimpan File di Google Drive jadi Bebas dari Iklan Jahat.


Penggunaan Jurnal Pembalik sebagai Alat Bantu Pencatatan Transaksi.



1.1 Latar Belakang Masalah

Suatu siklus Akuntansi dalam sebuah perusahaan harus disusun secara urut dan terstuktur. Siklus ini diawali dengan kegiatan identifikasi apakah sebuah kejadian termasuk dalam transaksi perusahaan atau tidak. Semua kejadian yang termasuk dalam kategori transaksi kemudian dicatat oleh akuntan dalam sebuah jurnal. Jurnal ini yang kemudian menjadi sumber informasi utama yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, kegiatan pencatatan transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang tidak mungkin dilewatkan apalagi ditinggalkan.

Sebagai sumber informasi utama, merupakan hal mutlak bahwa semua transaksi  harus dicatat dengan tepat. Idealnya setiap terjadi transaksi maka pada saat itu pula akuntan harus mencatatnya ke dalam jurnal. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika dalam sebuah perusahaan terjadi sangat banyak transaksi dalam satu hari. Belum lagi adanya kemungkinan muncul transaksi-transaksi yang rumit. Keadaan ini akan sangat memberatkan pekerjaan akuntan. Padahal,  perusahaan tidak mungkin mengurangi jumlah transaksi karena dapat mengganggu jalannya kegiatan perusahaan. Dengan demikian, akuntan dituntut untuk dapat mencatat begitu banyak transaksi yang terjadi tanpa kesalahan sekecil apapun.

Oleh karena itu, untuk membuat pencatatan menjadi lebih sederhana, beberapa perusahaan menggunakan jurnal pembalik. Jurnal ini membantu akuntan sehingga akuntan tidak perlu mengidentifikasi ulang beberapa transaksi setiap periode. Namun perlu diingat bahwa tidak semua transaksi dapat disederhanakan dalam jurnal pembalik. Hal tersebut akan dijelaskan dalam makalah ini pada bab selanjutnya.


1.2 Rumusan Masalah
1. Transaksi apa saja yang perlu dicatat ke dalam jurnal pembalik ?
2. Mengapa jurnal pembalik dapat membuat pencatatan beberapa transaksi menjadi lebih sederhana ?
3. Bagaimana perbedaan antara pencatatan menggunakan jurnal pembalik dengan tanpa jurnal pembalik ?


Klik Download Makalah 
(Anda akan diarahkan ke Google Drive)

Jika ada link rusak, Jangan Sungkan untuk Comment.
       
      
               
    
       
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon